Orang Terkaya Hong Kong Sumbang Rp 3,9 M Buat Perangi Corona di RI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 10 Apr 2020 16:30 WIB
Shelter Pod Corona
Foto: Shelter Pod Corona (istimewa/Li Ka Shing Foundation)
Jakarta -

Li Ka Shing Foundation, sebuah yayasan yang bergerak di misi-misi kemanusiaan milik orang terkaya kedua di Hong Kong yakni Li Ka-shing menyumbangkan dana sebesar US$ 250.000 atau sekitar Rp 3,9 miliar (kurs Rp 15.672) untuk memerangi virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

Dana tersebut dikucurkan dengan bentuk penyaluran 100 shelter pod untuk tempat beristirahat tim medis. Sebanyak 100 shelter pod itu disalurkan oleh PT Bobobox Mitra Indonesia terhadap Rumah Sakit (RS) rujukan Corona yang tersebar di DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar).

"Program ini didukung penuh oleh Li Ka Shing Foundation. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih adanya rasa percaya dan bantuan yang besar dari salah satu investor Bobobox. Sehingga memungkinkan untuk program ini bisa dilaksanakan dalam skala besar untuk daerah DKI Jakarta dan Jabar," terang CEO dan founder Bobobox Indonesia Indra Gunawan dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/4/2020).

100 shelter pods tersebut disalurkan untuk 12 RS rujukan Corona di Jakarta dan Jabar. Penyaluran perdana shelter pod ini baru saja dilaksanakan di RS Hasan Sadikin Bandung, Jabar.

"Pada saat ini, dengan bantuan Li Ka Shing Foundation kami mendistribusi 100 pod, 100 kamar. Tapi yang kali ini hanya untuk daerah DKI Jakarta dan Jabar. Dalam 2 minggu terakhir kami survei dengan IDI Jabar, sudah ada 12 RS yang mengkonfirmasi membutuhkan fasilitas ini," papar Indra.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden dan co-founder Bobobox Antonius Bong mengatakan, shelter pod yang disalurkan pihaknya ini dirancang khusus untuk tim medis. Sehingga, ada perbedaan dengan shelter pod yang digunakan di hotel-hotel Bobobox.

"Pod-pod yang kami sediakan untuk hospital adalah pod yang berbeda. Jadi kami khusus memprodduksi pods untuk RS," ujar Antonius.

Setiap 1 shelter pod yang disediakan untuk RS rujukan Corona ini membutuhkan investasi sekitar Rp 60-70 juta. Shelter pod tersebut dilengkapi fasilitas tempat tidur, instalasi listrik, AC, exhaust fan yang dapat menjadi tempat istirahat yang nyaman untuk tim medis.

Berikut daftar 12 RS yang memperoleh shelter pod dari Li Ka Shing Foundation dan Bobobox:
1. RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara (8 pod)
2. RSUD Koja, Jakarta Utara (10 pod)
3. RSUD Cengkareng, Jakarta Barat (10 pod)
4. RSUD Tarakan, Jakarta Pusat (4 pod)
5. RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur (4 pod)
6. RS Hasan Sadikin, Bandung (4 pod)
7. RSUD Subang, Subang (4 pod)
8. RS Pelni, Jakarta Barat (16 pod)
9. RSUD Bekasi, Bekasi (10 pod)
10. RS Dustira, Cimahi (8 pod)
11. RSUD Karawang, Karawang (8 pod)
12. RSUD Bayu Asih, Purwakarta (6 pod)



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)