Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Apr 2020 19:30 WIB

Ada 6 Juta Pengangguran Baru di AS dalam Sepekan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Pengangguran Foto: Fuad Hasim
Jakarta -

Sebanyak 6 juta orang Amerika Serikat (AS) mengajukan klaim tunjangan pengangguran dalam satu pekan. Mengutip Reuters, ini artinya sudah ada 16,8 juta orang yang mengajukan tunjangan pengangguran ke pemerintah.

Meningkatnya klaim pengangguran ini terjadi akibat penyebaran virus Corona yang semakin luas di AS dan mengguncang perekonomian negeri Paman Sam itu.

Berdasarkan laporan dari Departemen ketenagakerjaan AS diprediksi akan terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 20 juta orang pada April ini. Kemudian ekonomi AS diprediksi akan mengalami resesi.

Ekonom Senior di Glassdoor, Daniel Zhao mengungkapkan pada bulan pertama, krisis ekonomi yang disebabkan oleh Corona ini membuat jurang resesi semakin lebar.

"Tapi berapa lama klaim tunjangan pengangguran ini akan bertahan bagi jutaan orang yang menjadi pengangguran baru," kata dia.

Dia menyebut warga AS yang paling banyak menganggur berasal dari sektor restoran, bar, tempat rekreasi yang ditutup sebagai langkah penyebaran Corona.

Pada Kamis, Federal Reserve mendukung pemerintah daerah dan usaha kecil menengah untuk menjaga agar perekonomian AS tetap berjalan.

Chairman Fed, Jerome Powell mengungkapkan saat ini bank sentral terus berupaya mengerahkan tenaga agar perekonomian bisa terus tumbuh dan pulih.

Presiden AS Donald Trump pada bulan lalu telah menandatangani paket stimulus senilai US$ 2,3 triliun untuk pelaku usaha dan pengangguran.



Simak Video "Dievakuasi Petugas, Pasien Corona di Mamuju Disemangati Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com