Jalan Panjang Kartu Pra Kerja, Program Jokowi Buat Korban PHK

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 13 Apr 2020 15:52 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Pemerintah telah meluncurkan Kartu Pra Kerja. Program ini merupakan pelatihan bagi masyarakat yang belum bekerja di Indonesia, baik yang baru lulus ataupun yang menjadi korban PHK.

Sambil dilatih, para tenaga kerja akan diberikan bantuan uang oleh pemerintah, mirip-mirip gaji untuk pengangguran.

Dari catatan detikcom yang dihimpun, Senin (13/4/2020), program ini sudah dirancang Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak jauh hari. Bahkan saat Jokowi masih dalam periode pertamanya memimpin Indonesia.

Memasuki Pemilihan Umum 2019, Jokowi juga sempat memasukkan Kartu Pra Kerja ke dalam janji kampanyenya. Kartu Pra Kerja disandingkan bersama dua kartu sakti lainnya, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan saat itu, Hanif Dhakiri, Jokowi ingin meningkatkan keterampilan para tenaga kerja di Indonesia. Dengan begitu tenaga kerja siap diterima industri.

"Intinya bahwa pendekatan itu menjawab problem riil dari ketenagakerjaan kita karena memang masalah utama kita ini ada pada skill," kata Hanif di Komplek Istana, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Sementara itu, soal bantuan yang diberikan adalah kompensasi dari pelatihan. Selain itu bisa digunakan juga untuk mencari kerja.

Saking seriusnya, program Kartu Pra Kerja ini juga masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Kepala Bappenas saat itu, Bambang Brodjonegoro, menuturkan bahwa kartu Pra-Kerja masuk dalam skema pengembangan keterampilan dari pekerja.

"Ya itu masuk dalam skema untuk pengembangan skill dari pekerja, jadi ada dalam RPJMN 2020-2024 itu sudah ada skema penguatan skill dari pekerja baik yang sudah bekerja maupun yang sedang mencari pekerjaan," katanya di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Klik halaman berikutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]

Tag Terpopuler