Kapan Pasar Tanah Abang Buka Lagi?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 14 Apr 2020 14:44 WIB
Sebagian Pasar Tanah Abang mulai ditutup Jumat (27/3) ini. Penutupan itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

Kawasan Pasar Tanah Abang tutup sejak 27 Maret untuk mencegah penularan virus Corona (COVID-19). Rencananya pedagang bisa kembali berjualan setelah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir pada 23 April.

"Iya kalau (PSBB) nggak diperpanjang kemungkinan sih (pasar langsung dibuka). Tadinya rencananya kan kita cuma tutup sampai tanggal 19. Tapi kan terakhir PSBB kemarin baru diberlakukan tanggal 10. Itu berlakunya sampai tanggal 23 kan," kata Promotion Manager Pengelola Pasar Tanah Abang Hery Supriyatna saat dihubungi detikcom, Selasa (14/4/2020).

Itu pun dengan catatan jika PSBB tidak diperpanjang. Jika kebijakan tersebut diperpanjang maka kawasan Pasar Tanah Abang akan lanjut tutup.

"Kan kita harus ikuti juga aturan karena kan Tanah Abang bisa dibilang 90% tekstil dan garmen, bukan produk pangan. Jadi mau nggak mau kita harus ikuti aturan pemerintah untuk mengikuti PSBB ini," jelasnya.

Sementara untuk lapak-lapak pedagang yang berjualan produk pangan di Blok G masih tetap buka untuk melayani kebutuhan masyarakat. Yang ditutup adalah Pasar Tanah Abang Blok A, Blok B, dan Blok F.

"Kalau di Blok G ada pasar basah juga itu masih buka," tambahnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Koperasi Pedagang Pasar Tanah Abang Yasril Umar mengatakan pedagang sangat berharap pasar segera dibuka kembali.

"Iya, berharap sih paling tidak tanggal 20 besok sudah bisa buka kan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin menyebut ditundanya pembukaan pasar sesuai dengan aturan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Bagi masyarakat juga yang ingin mendapatkan informasi terkait pembukaan kembali Pasar Tanah Abang ini agar selalu memantau media sosial resmi milik Pasar Jaya, atau jika ada pertanyaan bisa disampaikan di layanan call center kami dengan nomor 081280080063," katanya dalam keterangannya, Jumat (5/4/2020).



Simak Video "Pasar Tanah Abang Terpuruk, Penghuninya Perlahan 'Hilang'"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)