Jokowi Minta UMKM Produksi Alat Kesehatan Diberi Insentif

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 15 Apr 2020 12:17 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pandemi virus Corona membuat kebutuhan alat-alat kesehatan meningkat tajam. Bayangkan, saat ini 213 negara berebut alat mulai dari APD, masker, obat hingga ventilator.

Indonesia sebenarnya memiliki banyak industri yang memproduksi alat-alat kesehatan. Bahkan kini banyak UMKM yang ikut memproduksinya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik hal itu. Dia menginstruksikan para menterinya untuk memberikan insentif kepada UMKM yang memproduksi alat kesehatan.

"Insentif fiskal tolong diarahkan ke industri-industri UMKM kita yang memproduksi barang-barang ini," serunya saat membuka rapat terbatas, Rabu (15/4/2020).

Jika produksi alat-alat kesehatan sudah didorong, Jokowi meminta agar distribusinya diatur. Dia ingin agar mendahulukan kebutuhan dalam negeri sebelum diekspor.

"Agar diatur betul manajemennya yang berkaitan dengan ekspor dan kebutuhan dalam negeri. Jangan sampai semuanya diekspor kita malah nggak dapat, diatur manajemennya. Sebaiknya, baik itu APD kita bisa produksi banyak, baik itu berkaitan dengan masker kita bisa produksi banyak, agar ini diatur," ujarnya.



Simak Video "Jokowi Bagikan Rp 15,3 T Banpres Produktif untuk 12,8 Juta Usaha Mikro"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)