Jonan: Kalau Vaksin Corona Belum Ditemukan, Tantangannya Berat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 17 Apr 2020 16:15 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bicara soal virus Corona. Dia mengatakan kalau tidak ada vaksin yang ditemukan kemungkinan tantangan bagi dunia bisnis akan makin besar.

Hal ini diungkapkan Jonan dalam sebuah diskusi mengenai dunia bisnis logistik di tengah wabah Corona. Jonan menilai di tengah wabah, semua bisnis akan terdampak, bahkan bagi yang belum terdampak 2-3 bulan ke depan kemungkinan bisa terdampak.

Terlebih lagi kalau masih belum ada vaksin yang ditemukan untuk membunuh virus Corona, maka wabah akan semakin panjang dan membuat tantangan bisnis makin sulit.

"Kalau sekarang nggak terdampak 2-3 bulan lagi bisa. Pandangan saya, kalau vaksinnya belum ditemukan atau bisa diedarkan secara luas dalam waktu cepat, tantangannya ini akan berat," jelas Jonan dalam diskusi online Markplus, Jumat (17/4/2020).

Soal dunia logistik, Jonan mengatakan banyak yang memprediksi bahwa sektor yang satu ini akan melejit karena banyak orang melakukan belanja online. Namun sebaliknya, dia mengatakan banyak kegiatan logistik yang berkurang di tengah Corona.

"Ini banyak kegiatan logistik yang on hold, berkurang. Walau katanya ada online shopping dan lain-lain. Tapi saya rasa, pasti berkurang," kata Jonan.

Jonan menilai industri logistik sangat terpengaruh dengan bisnis di sektor lain. Sementara itu, menurutnya saat ini banyak masyarakat bingung dan menahan diri untuk melakukan bisnis.

"Ini pasti turun, kenapa? Karena banyak yang perhitungkan ini COVID bakal selesai kapan. Orang berhemat karena nggak tahu pandemi COVID akan selesai kapan," jelas Jonan.



Simak Video "Kasus Aktif Covid-19 Indonesia di Bawah Rata-rata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)