Kerja dan Keluarga Harus Seimbang Saat WFH, Ini Tipsnya

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 17 Apr 2020 17:20 WIB
WFH
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pandemi Corona telah mendorong negara di dunia memaksa warganya untuk tetap di rumah dan beberapa perusahaan memberlakukan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk karyawannya.

Selain itu, sekolah di berbagai negara juga harus diliburkan dan mengimbau muridnya untuk belajar dari rumah. Hal ini menjadi tantangan ekstra bagi orang tua yang bekerja dari rumah untuk menyeimbangkan tuntutan bekerja dengan kewajiban sebagai orang tua.

Melansir dari CNBC, Jumat (17/4/2020) Manajer Pengembangan Karir FlexJobs, Brie Reynolds, Penulis, Julie Kratz dan Pengusaha, Patrice Cameau membagikan tips sederhana bagaimana menyeimbangkan bekerja dan keluarga selama WFH.

Buat jadwal
Mengatur jadwal dari jam mengajar anak pada sesi pelajaran sekolah hingga jam kerja sangat dibutuhkan demi efektivitas waktu dan tenaga untuk bekerja dan keluarga.

Patrice Cameau mengatakan dirinya membuat jadwal dari pagi untuk membangunkan anak-anaknya, menyiapkan sarapan, hingga waktu bekerja.

Pemilihan waktu bekerja Cameau pada jam makan siang dan waktu tidur siang anak-anaknya hingga dirinya tidak terganggu dengan anak-anaknya saat bekerja.

Komunikasi
Sebagian orang telah bekerja dari rumah selama lebih dari satu bulan. Komunikasi adalah hal nomor satu yang harus disadari untuk menyeimbangkan pekejaan dan kewajiban di keluarga.

Reynolds mengatakan saat bekerja dari rumah dan memiliki kewajiban sebagai orang tua. Lebih baik memberi pengertian kepada rekan kerja jika ada hal yang juga harus dikerjakan selain pekerjaan kantor.

Misalnya, jika Anda sedang rapat virtual, dan anak Anda masuk ruang kerja. Segera beri tahu rekan kerja bahwa anak Anda masuk ruang kerja dan akan segera menanganinya.


Berikan Batasan dengan Anak saat Bekerja
Penting untuk menetapkan batasan dengan anak-anak Anda ketika bekerja dari rumah. Pilih ruangan yang memiliki ketenangan agar dapat bekerja dengan maksimal.

Berikan pengertian kepada anak-anak Anda untuk tidak menggangu waktu bekerja Anda. Selain itu, untuk mengalihkan bisa berikan anak-anak Anda kesibukan seperti bermain, menonton, atau membuat sesuatu yang menyenangkan.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Google Supaya Kerja dari Rumah Selama Pandemi Bisa Efektif!"
[Gambas:Video 20detik]