Kartu Prakerja Gelombang 2 Dibuka, Ini Cara Daftar hingga Kisi Tes Seleksinya

Puti Yasmin - detikFinance
Senin, 20 Apr 2020 16:50 WIB
Kartu Prakerja
Kartu Prakerja Gelombang 2/Foto: Kartu Prakerja
Jakarta -

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 2 resmi dibuka pada hari ini, Senin (20/4/2020). Adapun, registrasi dimulai sejak Senin pukul 08.00 WIB hingga Kamis (23/4) jam 16.00 WIB.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Selasa (14/4/2020) mengatakan sebanyak 926.790 orang lolos dalam pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama.

"Mereka yang telah verifikasi e-mail dan NIK dan sudah lolos dalam batch pertama itu jumlahnya 926.790," jelas Airlangga pada rapat dengan Badan Legislasi DPR RI yang ditayangkan melalui saluran YouTube resmi DPR RI.

Fakta-fakta Kartu Prakerja Gelombang 2:

1. Cara Daftar

Untuk mendaftar, calon peserta harus membuka laman https://www.prakerja.go.id/ kemudian klik 'Daftar Sekarang'. Kemudian, isi data berupa alamat email dan password untuk konfirmasi.

Setelah berhasil konfirmasi, login dan isi data sesuai dengan informasi di KTP, berupa nomor, tanggal lahir, hingga swafoto dengan KTP. Jangan lupa untuk verifikasi kembali dengan memasukkan kode OTP yang diterima melalui SMS.

Selanjutnya, calon pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 2 akan diberikan beberapa pertanyaan dengan pilihan jawaban 'Iya' atau 'Tidak'. Jika semua pertanyaan telah selesai dijawab klik 'Ok'.

Kemudian, calon pendaftar akan melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar. Bila telah selesai mengerjakan tes tunggu sekitar 5 menit untuk proses evaluasi tes.

Ssetelah laman berubah, pendaftar bisa pilih gelombang mana yang diikuti, sebaiknya disesuaikan dengan domisili ya. Nah, terakhir pendaftar tinggal menunggu tanggal pengumuman untuk melihat hasil.

2. Kisi-kisi Tes Seleksi

Dalam tahapan pendaftaran, calon penerima Kartu Prakerja akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini akan berlangsung selama 25 menit dengan 19 jumlah soal.

Selama pengerjaan soal, pendaftar diperbolehkan menggunakan alat bantu, seperti kertas, pensil atau pulpen untuk menyelesaikan soal tes.

3. Insentif yang Didapat

Bagi pendaftar yang lolos Kartu Prakerja Gelombang 2 akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang selama 4 bulan.

Biaya tersebut terdiri dari bantuan sebesar Rp 1.000.000, insentif pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan, dan insentif keberkerjaan sebesar Rp 50.000 per survei (ada 3 survei).

4. Mitra yang Bekerjasama

Bila dinyatakan lolos Kartu Prakerja Gelombang 2, penerima kartu bisa mendapat pelatihan di mitra yang telah bekerja sama. Adapun, mitra yang telah bekerja sama adalah Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar Mahir.



Simak Video "180 Ribu Orang Kena Blacklist karena 'Anggurin' Kartu Prakerja"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)