Kemenhub Ungkap Alasan KRL Masih Beroperasi

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 22 Apr 2020 14:14 WIB
KRL Commuter Line
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkap banyak kantor yang masih beroperasi di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jumlah kantor yang buka tersebut tidak sedikit.

"Kegiatan ekonomi di Jakarta cukup besar, kemarin kami rapat dengan perindustrian, masih banyak perusahaan yang buka diberikan izin khusus, luar biasa angkanya. Mereka kebanyakan commuter mungkin kerja di Jakarta tapi tinggal di Botabek. Itu juga yang kita bingung karena masih banyak pergerakannya," kata Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub, Sigit Irfansyah melalui telekonferensi, Rabu (22/4/2020).

Sigit menjelaskan, itu salah satu alasan masih Kereta Rel Listrik (KRL) dan TransJakarta tetap beroperasi. Pasalnya masih banyak masyarakat yang membutuhkan moda transportasi tersebut.

"Jadi kata kunci yang sebenarnya disampaikan tadi, kalau pengguna masih banyak ya supply harus disiapkan terus," ucapnya.

Jika angkutan massal dibatasi, yang ada penerapan social distancing tidak berjalan karena menyebabkan terjadinya penumpukan orang.

"Masalah kenapa KRL tetap beroperasi karena pernah kita coba, teman-teman DKI membatasi gerakan TransJakarta, rupanya kantor banyak yang buka, yang terjadi malah social distancing tidak terjadi karena demand tetap, supply-nya berkurang, akhirnya dikembalikan ke normal lagi," ujarnya.



Simak Video "Dear Anker, Yuk Cermati Protokol Kesehatan di KRL"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)