Tips Bertahan Hidup di Kota Kala Mudik ke Kampung Halaman Dilarang

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 24 Apr 2020 10:24 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pemerintah melarang mudik Lebaran tahun ini. Mereka yang merantau dari berbagai daerah ke Jakarta harus memutar otak agar tetap bisa bertahan hidup dengan segala keterbatasan.

Perencana keuangan Eko Endarto membagikan tipsnya agar tetap bisa bertahan di kota di tengah larangan mudik. Pertama, siapkan cadangan berupa uang tunai untuk kebutuhan hidup ke depan selama mudik dilarang.

"Harus punya sejumlah dana cash untuk skenario terburuk. Kita nggak tahu berapa lama dikunci, nggak bisa ke mana-mana, nggak ada pemasukan, nggak ada juga aktivitas. Jadi mau nggak mau harus punya cadangan," kata Eko kepada detikcom, Jumat (24/4/2020).

Jika tak ada tabungan dan sumber penghasilan, Anda bisa mendapatkan uang sementara dengan menjual atau menggadaikan aset berharga seperti emas, hingga barang-barang elektronik yang dirasa memiliki nilai jual.

"Misalnya emas itu bisa digadaikan dulu, kalau dia punya barang-barang elektronik yang nggak terpakai mungkin bisa dijual dulu. Mau nggak mau karena kondisi seperti ini kalau memang tidak punya sumber penghasilan lainnya," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hindari Larangan-Macet, Pemudik Bermotor Lintasi Jalur Pantura Malam Hari"
[Gambas:Video 20detik]