Perlukah Berutang di Tengah Pandemi Corona?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 24 Apr 2020 11:12 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Biaya hidup di kota seperti Jakarta membutuhkan pengeluaran yang lebih besar dibandingkan hidup di desa. Para perantau harus putar otak supaya bisa bertahan di kota karena tak bisa mudik akibat larangan dari pemerintah untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19).

Jika tak ada tabungan dan sumber penghasilan lagi, haruskah berutang?

Perencana keuangan Aidil Akbar menyebut utang adalah jalan terakhir yang harus diambil jika sudah tak ada pilihan. Sebelum berutang, berusaha dengan memanfaatkan keahlian yang ada.

"Sebelum berutang, dia nggak punya penghasilan tapi dia punya skill nggak? Bisa kerja nggak? Bisa berdagang nggak?," katanya kepada detikcom, Jumat (24/4/2020).

Menurutnya, di bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran ini banyak hal yang bisa dilakukan. Daripada meminjam uang ke teman, Anda bisa minta tolong untuk diberikan pekerjaan.

"Daripada ngutang ke teman mending tanya 'eh daripada ngutang, lo butuh bantuan apa sini gue bantuin'. Banyak hal yang bisa dikerjakan misalnya ini masuk bulan puasa biasanya orang bersih-bersih rumah, nanti mau Lebaran biasanya orang mau ngecat-ngecat rumah, dia bisa 'sini gue bantu ngecat dibayar berapa," urainya.

Klik halaman berikutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tambah 2.473, Kasus Corona RI Jadi 121.226"
[Gambas:Video 20detik]