Pelatihan Pra Kerja: Ngomong Tanpa Gemetar hingga Jadi Youtuber

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 03 Mei 2020 12:00 WIB
kartu pra kerja
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Program Kartu Pra Kerja kerap mendapat sorotan tajam. Pelatihannya dianggap unik-unik karena materi pelatihan yang ditawarkan disebut mirip konten gratisan yang bertebaran di YouTube.

Pelatihan sendiri tersedia di delapan platform yang menjadi mitra Kartu Pra Kerja seperti Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, MauBelajarApa, Ruangguru, dan Sekolahmu.

Beberapa di antaranya menawarkan pelatihan menjadi customer service, cara menulis email, laporan, hingga berbicara di depan umum atau public speaking tanpa gemetar alias gugup.

Dirangkum detikcom, Minggu (3/5/2020), berikut beberapa pelatihan yang bisa diikuti oleh peserta Kartu Pra Kerja:

1. Paket Dasar Usaha Perikanan (Rp 799.000)

Mina Indonesia by Tokopedia menyediakan pelatihan untuk membuka usaha di bidang perikanan. Di sini peserta diajarkan jenis-jenis usaha yang dapat dibuat di bidang perikanan, bagaimana pemasaran dalam usaha perikanan, hingga bagaimana mencari distributor yang tepat. Pelatihan dikemas secara online melalui webinar dengan durasi 120 menit.

2. Mendapat Pekerjaan Tetap Menjadi Customer Service (Rp 700.000)

Skill Academy by Tokopedia menyediakan paket cara menjadi customer service dengan pelayanan terbaik. Paket ini terdiri dari tujuh kelas dengan total durasi 9 jam 50 menit.

3. Membangun Portofolio dan Pencitraan Diri untuk Melamar Kerja (Rp 220.000)

Skill Academy by Ruangguru menyediakan pelatihan untuk mampu melakukan promosi diri di portofolio untuk melamar kerja. Pelatihan ini berdurasi 1 jam 53 menit.

4. Cara Menulis Email, Chat, hingga Laporan (Rp 150.000)

Skill Academy by Ruangguru juga menyediakan pelatihan bagaimana cara menulis email dan surat bisnis, membuat proposal, hingga cara membuat laporan usaha dan konten presentasi bisnis yang baik. Pelatihan ini berdurasi 39 menit 22 detik.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]