Sederet Perlakuan Khusus Jokowi untuk Petani Agar Tetap Berproduksi

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 05 Mei 2020 11:05 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres
Jakarta -

Demi menjaga ketersediaan bahan pangan saat musim kemarau, pemerintah menyiapkan beberapa perlakuan khusus untuk petani. Hal itu demi memastikan para petani tetap berproduksi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada menterinya untuk memastikan para petani tetap berproduksi. Namun dia menekankan agar petani tetap menerapkan protokol kesehatan.

Demi menjaga hal itu, dia menekankan agar dipastikan ketersediaan sarana dan prasarana produksi pertanian. Jokowi meminta petani mendapatkan bibit dan pupuk dengan harga yang terjangkau.

"Kemudian kemarin juga juga ada acara kan stimulus ekonomi untuk petani agar nanti agar juga dipertajam lagi," tuturnya saat membuka ratas virtual, Selasa (5/5/2020).

Pemerintah sendiri tengah mempersiapkan bansos untuk petani miskin sebesar Rp 300 ribu dalam bentuk tunai dan Rp 300 ribu dalam bentuk sarana produksi. Namun hal itu masih dibahas.

Jokowi juga menginstruksikan Bulog agar tetap membeli gabah dari petani. Dengan begitu diharapkan harga gabah di petani tetap terjaga.

Terakhir, Jokowi meminta agar manajemen pengelolaan stok untuk kebutuhan pokok dilakukan hitungan secara detail.



Simak Video "Perintah Jokowi Cegah Karhutla: Jangan Sampai Pontang-panting"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)