Mentan Jamin 11 Komoditas Pangan Aman Sampai Lebaran, Apa Saja?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 05 Mei 2020 16:33 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan rapat kerja (raker) dengan Komisi IV DPR-RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019).
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjamin ketersediaan 11 komoditas pangan dasar tetap aman dan stabil guna menunjang kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Corona (COVID-19).

Adapun 11 komoditas pangan dasar tersebut antara lain beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging kerbau, telur ayam ras, minyak goreng, dan gula pasir.

"Jadi sampai dengan Mei, data kita Juni, semuanya dalam kendali dan cukup aman," ucap Syahrul melalui telekonferensi, Selasa (5/5/2020).

Ia menjamin karena bahan pangan impor pun seperti bawang putih, daging sapi, daging kerbau, dan gula pasokannya sudah memenuhi target minimal.

"Neraca pangan nasional yang kita miliki dari 11 komoditas insyaallah seluruhnya tersedia dan cukup aman," katanya.

Syahrul pun ingin distribusi pangan tersebut disalurkan dengan cepat. Terutama untuk cabai dan bawang yang keberadaannya tidak bisa disimpan terlalu lama.

"Memang yang memiliki distribusi maksimal itu cabai, bawang karena tidak boleh disimpan terlalu lama. Di sini percepatan distribusi dan cold storage di wilayah harus disiapkan," ujarnya.



Simak Video "Hadapi Corona, Stok Beras RI Selama Ramadhan Lebih dari Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)