Pertumbuhan Ekonomi RI Jeblok ke Bawah 3%, Jokowi: Lihat Negara Lain

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 06 Mei 2020 12:25 WIB
Poster
Dampak Corona pada Perekonomian RI (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekonomi Indonesia di kuartal I-2020 hanya tumbuh 2,97%. Angka pertumbuhan itu turun jauh jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi di kuartal sebelumnya 4,97%.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui pertumbuhan ekonomi Indonesia memang turun. Namun dia menilai capaian itu masih relatif positi.

"Walaupun hanya tumbuh 2,97% tapi dibandingkan dengan negara lain yang telah merilis angka pertumbuhannya kinerja ekonomi negara kita reatif masih baik," tuturnya saat membuka sidang kabinet, Rabu (6/5/2020).

Jokowi pun membandingkan kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan negara lain. Menurutnya delta penurunan secara year on year ekonomi Indonesia turun 2%. Masih lebih rendah dibandingkan negara lainnya.

"Coba kita lihat beberapa negara yang mengalami kontraksi dan tentu saja kontraksinya tumbuh negatif. China turun dari +6% menjadi -6,8%, artinya ini deltanya 12,8%. Prancis, deltanya 6,25%, Hong Kong deltanya 5,90%, Spanyol deltanya 5,88%, dan Italia deltanya 4,95% tumbuh negatif," tegasnya.



Simak Video "Jokowi sebut Ekonomi RI Kuartal II Bisa Minus Hingga 5 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)