Penerbangan Dibuka Lagi, Begini Kondisi di Bandara Soekarno Hatta

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 09 Mei 2020 13:30 WIB
Bandara Soekarno Hatta
Foto: Soraya Novika
Jakarta -

Kementerian Perhubungan membuka kembali layanan penerbangan domestik dengan penumpang bersyarat seperti pebisnis, penumpang repatriasi, perjalanan dinas pejabat negara dan tamu negara dengan wajib menyertakan surat keterangan Negatif COVID-19 dari rumah sakit.

Dengan diberlakukannya kebijakan tersebut satu per satu maskapai nasional mengumumkan jadwal operasi mereka. Hari ini, Sabtu (9/5/2020), salah satu maskapai nasional yang sudah mulai beroperasi adalah Garuda Indonesia.

Lalu, bagaimana kondisi bandara saat kebijakan ini mulai diberlakukan?

Berdasarkan pantauan detikcom, bandara tampak masih begitu lengang sehingga tak terlihat adanya antrean check in di sana. Hanya ada beberapa calon penumpang berhantian melakukan check-in. Akan tetapi, proses pengecekan kelengkapan persyaratan hingga kondisi kesehatan calon penumpang sudah dijalankan begitu ketatnya.

Bandara Soekarno HattaBandara Soekarno Hatta Foto: Soraya Novika

Tampak sejumlah calon penumpang bersiap melakukan lapor diri sebelum terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (9/5/2020).

Setelah calon penumpang memasuki terminal, mereka diwajibkan menyerahkan dokumen lapor diri kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang sudah berjaga di dekat konter check-in.

Bila ada calon penumpang yang belum pernah melakukan pengecekan diri sebelumnya di rumah sakit, petugas bandara juga menyediakan layanan rapid test COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ingin Terbang via Bandara Soetta? Penuhi Dulu Syaratnya!"
[Gambas:Video 20detik]