Penerbangan di Bandara Kulon Progo Dibuka, Penumpang Sepi

Sayoto Ashwan - detikFinance
Sabtu, 09 Mei 2020 17:00 WIB
Bandara Kulon Progo
Foto: Sayoto Ashwan
Kulon Progo -

Bandara International Airport (YIA) yang terletak di Kabupaten Kulon Progo telah membuka layanan penerbangan sejak Kamis (7/5) kemarin. Namun layanan baru ada hari ini, dengan dua penerbangan.

"Hari ini ada dua flight Garuda dengan rute Jakarta-YIA dan YIA-Jakarta," jelas Pelaksana Tugas Sementara (Pts) General Manager PT Angkasa Pura I Bandara YIA, Agus Pandu Purnama, dalam keterangannya, Sabtu (9/5/2020).

Selama dua hari sebenarnya Kamis dan Jumat sebenarnya rute penerbangan sudah ada. Namun maskapai memilih membatalkan jadwal yang sudah ada. Hari ini, penerbangan dari garuda hanya membawa 14 orang penumpang dan ketika kembali dengan 20 penumpang.

Minimnya penumpang menjadikan suasana di terminal sangat sepi. Tidak ada hilir mudik penumpang, hanya petugas Avsec, recepsionist dan cleaning service yang nampak.

"Kalau jadwal kita ada satu. Kemudian tanggal 10 tidak ada dan pada tanggal 11 ada empat semuanya dari dan ke Jakarta," jelas Petugas Help Desk Garuda, Agung Budi Wibawa.

Konter Garuda juga melayani konsumen yang hendal melakukan penjadwalan ulang ataupun pengembalian dari pembatalan penerbangan. Namun tidak berupa uang tunai, dan diganti dengan voucher yang bisa dipakai di semua rute penerbangan yang ada.

Customer service Citilink, Bima Indratama mengatakan sesuai jadwal maskapai ini sudah kembali beroperasi. Namun kepastiannya masih menunggu kantor pusat. Seperti pada Jumat kemarin, mereka membatalkan penerbangan.

"Semuanya menunggu pusat, memang ada beberapa yang dibatalkan," terangnya.

Hingga saat ini penggunaan sarana trasnportasi memang masih dibatasi. Diantaranya untuk pejabat pemerintah atau swasta,
dan tamu kenegaraan, repatriasi (pemulangan WNI), cargo dan penerbangan khusus lainnya.

"Kita juga dirikan posko, penumpang yang akan berangkat akan dicek kelengkapan dokumennya," tutur Agus Pandu.



Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)