Ada 1.300 TKI Tiba Hari Ini, Budi Karya Minta Bandara Diawasi Ketat

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 11 Mei 2020 16:16 WIB
Sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal dari berbagai tahanan Imigrasi di Semenanjung Malaysia berada di Bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Kamis (9/4/2020), sebelum dipulangkan melalui Jakarta dan Medan. Pemerintah Malaysia memulangkan sebanyak 1.038 tahanan dalam rangka  pencegahan COVID-19 bagi para tahanan di depo imigrasi selama masa Perintah Kawalan Pergerakan (MCO) atau isolasi wilayah. ANTARA Foto/Agus Setiawan/aww.
Ilustrasi TKI
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap ada 1.300 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta hari ini. Untuk memastikan pekerja yang datang tidak membawa virus Corona, Budi menugaskan PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola untuk mengawasi ketat.

"Hari ini akan datang 1.300 orang dari luar negeri di antaranya adalah pekerja-pekerja. Hari ini ada 7 flight dan ada 1.300 orang mudah-mudahan ini berhasil kalau ini berhasil kita aman," kata Budi saat rapat virtual dengan Komisi V DPR RI, Senin (11/5/2020).

Budi memahami jika tugas dari Kementerian Kesehatan sangat banyak dalam situasi seperti ini, sehingga petugas yang bekerja tak banyak di Bandara. Untuk itu, ia meminta petugas Bandara membantu ikut awasi penumpang yang datang.

"Petugas-petugas dari mereka (Kementerian Kesehatan) yang mengawasi soal kesehatan benar bahwa ada 1-2 orang. Oleh karenanya saya minta ke AP II untuk mengambil alih karena tugas Menkes banyak sekali," ujarnya.

Tak hanya Bandara, Budi juga meminta semua pusat kedatangan transportasi umum untuk diawasi ketat pemeriksaannya.

"Bandara, terminal, stasiun, masing-masing operator (agar) melakukan suatu self correction dan melakukan suatu kebaikan atas apa yang harus ditingkatkan," ucapnya.



Simak Video "Sembuh dari Corona, Budi Karya: Tanpa RSPAD, Kita Nggak Ketemu Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)