Tips Cegah PHK di Bisnis Pariwisata dari Hotman Paris

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 11 Mei 2020 17:15 WIB
Hotman Paris Hutapea
Foto: Audrey Santoso/detikcom
Jakarta -

Bisnis pariwisata saat ini menjadi lini bisnis paling terpuruk sejak dihantam pandemi virus Corona (COVID-19). Sehingga ujung-ujungnya pekerja di sektor ini juga kena dampaknya.

Lalu, bagaimana caranya bisnis satu ini bertahan agar bisa tetap membayar upah karyawannya serta mencegah PHK?

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea beranggapan sektor pariwisata saat ini harus mau berkorban di tengah pandemi ini. Meski merugi, kata pemilik villa dan hotel ini, setidaknya pelaku usaha harus tetap kompeten mencegah terjadinya PHK.

"Karena pariwisata adalah kumpulan dari orang berkumpul tidak ada social distancing jadi harus pintar-pintar untuk mengatur supaya tidak terjadi PHK," kata Hotman dalam telekonferensi, Senin (11/5/2020).

Ia berbagi kiatnya mempertahankan bisnis villa dan hotelnya di tengah pandemi Corona ini. Menurutnya cara paling ampuh meraup pendapatan di saat-saat krisis ini adalah dengan menurunkan harga sewa kepada tamu.

"Seperti saya, villa-villa saya sewakan murah, banyak bule-bule di Bali tidak bisa pulang saya kasih cuma Rp 400 ribu semalam atau langsung kontrak 2 bulan. Minimum itu cukup membayar pegawai kita," tuturnya.

Hal ini bisa juga terus diterapkan meski jumlah kasus Corona mulai merosot di beberapa bulan ke depan. Sebab, meski Corona sudah hilang sekalipun, memulihkan sektor pariwisata bukanlah perkara mudah. Ia memprediksi, bila Corona hilang pada pertengahan tahun ini, maka bisnis pariwisata baru bisa bangkit pada awal tahun mendatang.

"Saya kira akibat corona ini terhadap pariwisata ini tidak bisa langsung 1 atau 2 bulan lagi sesudah corona selesai. Karena orang yang mau travel itu kan rencana jangka panjang. Orang kalau datang dari Eropa ke Bali pasti dia sudah rencanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Kalau pun corona selesai bulan Juli atau Agustus, saya yakin pariwisata baru menggeliat sekitar Januari tahun depan," tutupnya.



Simak Video "Video Melayat Gus Sholah Viral, Hotman Paris Jawab soal Mualaf"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)