Jokowi Rilis Aturan Pemulihan Ekonomi dari Corona, Ini Isinya

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 12 Mei 2020 17:15 WIB
Presiden Jokowi Ikuti KTT Gerakan Non-Blok
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Jokowi baru saja merilis aturan baru terkait skema pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari dampak pandemi virus Corona (COVID-19).

Beledi itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 dan atau Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan atau Stabilitas Sistem Keuangan Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional.

Kebijakan ini ditandatangani Jokowi per 9 Mei 2020 lalu dan diundangkan pada 11 Mei 2020 kemarin. Dalam aturan itu, dijabarkan berbagai upaya yang dapat ditempuh pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional dari tekanan virus Corona.

Berikut berbagai program pemulihan ekonomi nasional yang tertuang dalam PP tersebut:

Pertama, pemerintah akan menggelontorkan penyertaan modal negara (PMN) kepada BUMN. Pemberian PMN tersebut digunakan untuk memperbaiki struktur modal BUMN atau anak usahanya yang terdampak virus corona.

Suntikan modal juga ditujukan untuk meningkatkan kapasitas usaha BUMN atau anak usahanya dalam menjalankan penugasan khusus pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional. Program ini tertuang dalam pasal 88 PP tersebut.

Klik halaman selanjutya>>>