Menperin Ingatkan e-Commerce Jangan Ada Lagi Kebocoran Data

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 14 Mei 2020 13:53 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang/Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta -

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegur pemilik e-commerce soal keamanan data para pedagang dan konsumen yang bertransaksi melalui toko online. Dirinya meminta agar mereka bisa betul-betul memastikan keamanan data tersebut.

Hal itu dia sampaikan langsung kepada Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung. Namun Untung tak menyampaikan tanggapannya.

"Saya ingin berpesan saja agar keamanan dari data-data nanti dari IKM-nya (industri kecil dan menengah) atau UKM-nya (usaha kecil dan menengah), dari konsumen atau pembelinya itu juga betul-betul dijaga," kata Agus dalam acara Kampanye Nasional 'Bangga Buatan Indonesia' di YouTube, Kamis (14/5/2020).

Belakangan isu keamanan data e-commerce memang sedang disorot, Sebab telah terjadi upaya pembobolan data pengguna oleh hacker terhadap jaringan toko online Indonesia.


Di sisi lain, pemerintah sedang mendorong agar IKM maupun UKM bisa merambah pasar online. Diharapkan permasalahan seperti di atas tidak terjadi lagi.

"Jangan sampai semangat dan momentum yang sekarang lagi kita bangun, tapi kalau keamanan dari data-data itu tidak bisa di protect sedemikian rupa, nanti semangatnya akan turun kembali," sebutnya.

Agus menjelaskan bahwa di tengah pandemi COVID-19 ini, masyarakat cukup bergantung pada toko online. Bahkan ketika virus Corona sudah dapat diatasi akan ada normal baru (new normal), yang mana e-commerce akan menjadi primadona.

"Kalau menurut pandangan kami, adanya new normal nanti tetap akan membuat pemasaran yang menggunakan digital platform ini tetap menjadi idola. Interaksi antara supplier dan pembeli itu tetap dilakukan melalui e-commerce," tambahnya.



Simak Video "Menteri Teten Minta E-Commerce Sediakan Laman Khusus Produk UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)