Bandel Loloskan Pemudik, Petugas ASDP Bisa Dipecat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 14 Mei 2020 14:53 WIB
poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Direksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menegaskan akan mengawasi ketat para pegawainya di pelabuhan penyeberangan yang dikelolanya. Perusahaan menjamin para pegawainya tidak akan ada yang meloloskan penumpang secara diam-diam untuk mudik.

Direktur Komersial dan Layanan ASDP Yusuf Hadi menegaskan pihaknya tidak akan memberikan kompromi bagi petugas yang mencoba meloloskan pemudik. Menurutnya sudah ada sanksi tegas yang disiapkan.

"Jadi kami juga tidak ada kompromi. Direksi sudah keluarkan surat jika ada oknum meloloskan penumpang tanpa prosedur ada sanksi," kata Yusuf dalam video conference bersama wartawan, Kamis (14/5/2020).

Sanksi terberatnya, menurut Yusuf adalah pengusaha tidak akan segan melakukan pemecatan. "Bisa kena PHK kalau ada yang ketahuan," ujarnya.

ASDP sendiri akan menerima perjalanan khusus keluar daerah tidak untuk mudik. Hal ini dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020.

Adapun, bagi penumpang yang mau melakukan perjalanan khusus untuk mudik, sebelum masuk ke dalam pelabuhan akan dicek terlebih dahulu di checkpoint yang berada di luar pelabuhan.


Di checkpoint tersebut semua kendaraan akan dicek terlebih sebelum berjalan masuk ke pelabuhan. Seluruh syarat dalam SE Gugus Tugas harus disiapkan dan ditunjukan baru bisa lolos ke pelabuhan.

Kemudian penumpang akan diarahkan masuk ke dalam pelabuhan. Kemudian, membeli tiket secara langsung pada loket yang tersedia di pelabuhan.



Simak Video "WHO Ingatkan Kelonggaran Menuju New Normal Harus Dilakukan Hati-hati"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)