Corona Batasi Aktivitas Manusia, Mungkinkah Diganti Robot?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 16 Mei 2020 17:10 WIB
Universal Robots, penyedia teknologi robot kolaboratif (Cobots) yang berbasis di Denmark, menekankan pentingnya adopsi otomatisasi robot untuk bisa menghadapi masa ekonomi sulit seperti saat ini karena bisa meningkatkan produktivitas.
Foto: Dok. Universal Robots
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh negara membuat manusia harus menjaga jarak. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus.

Kondisi ini disebut berpengaruh dengan tenaga kerja di berbagai negara. Perusahaan bisa menggunakan robot untuk menjalankan pekerjaan yang selama ini dilakukan manusia.

Vice-President for Knowledge Management and Sustainable Development of the Asian Development Bank (ADB) Bambang Susantono menjelaskan Asia adalah salah satu pasar yang cepat untuk perkembangan robot industri.

"Kalau ternyata kondisi ini berkepanjangan, physical distancing dan jarak ini menjadi normal yang baru maka kita melihat teknologi yang affordable bisa lebih hemat dan visible secara finansial dan robot juga bisa melakukan automatisasi," kata Bambang dalam diskusi virtual, Sabtu (16/5/2020).


Menurut dia hal ini memang akan mempengaruhi angkatan kerja di dunia termasuk Indonesia. Pasalnya, saat pandemi ini para pekerja harus bertransformasi.

Namun dari sisi pengusaha juga harus melihat jika teknologi juga harus digunakan dalam menjalankan usaha.

Bambang mencontohkan Bangladesh saat ini sudah menggunakan robot penjahit untuk mengerjakan garmen. "Bangladesh menggunakan Sewing Robot untuk menjalankan usahanya. Memperkerjakan robot bisa mengurangi risiko pemaparan virus," ujarnya.

Menurut Bambang, teknologi robot dalam usaha ini dinilai affordable. India dan Kamboja juga sudah melihat teknologi ini untuk menggantikan peran manusia.

Namun para pekerja manusia juga harus melakukan peningkatan skill agar tetap bertahan dalam kondisi ini.



Simak Video "Robot-robot Ini Bantu Manusia: Upacara Kelulusan hingga Bikin Disinfektan"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)