THR PNS dan Pensiunan Cair Serentak H-10 Lebaran

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 17 Mei 2020 09:00 WIB
THR PNS
Foto: THR PNS 2019 (Tim infografis: Fuad Hasim)
Jakarta -

Kabar gembira bagi pegawai negeri sipil (PNS) pusat, daerah, prajurit TNI, anggota Polri dan para pensiun. Mengingat tunjangan hari raya (THR) telah cair serentak Jumat (15/5) lalu.

Untuk itu, bagi masyarakat yang berprofesi seperti di atas segeralah cek rekening untuk memastikan THR tersebut telah masuk.

Hal itu diumumkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Untuk pemberian THR disiapkan anggaran Rp 29,38 triliun. Dana tersebut diperuntukkan kepada ASN pusat termasuk TNI dan Polri sebesar Rp 6,77 triliun, pensiunan sebesar Rp 8,70 triliun, dan ASN daerah sebesar Rp 13,89 triliun.

Pencairan THR para abdi negara ini menyusul peraturan pemerintah (PP) atau payung hukum THR bagi PNS yang sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"PMK sudah keluar, sekarang persiapan satker untuk eksekusi pembayaran dan diharapkan serentak paling lambat Jumat tanggal 15 kalau nggak salah," kata Sri Mulyani, Senin (11/5/2020).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut pencairan THR hanya berlaku untuk pejabat eselon III ke bawah atau tidak berlaku pada pejabat eselon I dan II serta pejabat fungsional lainnya di lembaga lain. Namun besaran THR pada tahun ini lebih kecil lantaran tanpa tunjangan kinerja (tukin).

Siapa saja pensiunan yang dapat?

Mengutip keterangan PT Taspen (Persero), THR pensiunan akan diberikan sebesar penghasilan bulan Maret 2020 dan tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain. Kecuali, potongan pajak penghasilan sesuai ketentuan perundang-undangan dan ditanggung pemerintah.

Lebih lanjut, SVP Sekretariat Perusahaan M Ali Mansur mengatakan, komponen penghasilan THR tahun 2020 bagi para penerima pensiun dan penerima tunjangan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan tanpa tunjangan beras dan hanya dikenakan potongan pajak.

"Bagi penerima pensiun atau penerima tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan yang sama-sama bersumber dari APBN, hanya diberikan salah satu yang lebih menguntungkan," bunyi keterangan tersebut.

Berikut daftar pensiunan yang mendapat THR tahun ini:

1. Pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS):

a. Pensiun PNS Pusat/Daerah
b. Pensiun PNS eks Pegadaian
c. PNS eks Departemen Perhubungan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero).

2. Penerima pensiun pejabat negara

3. Penerima pensiun hakim

4. Penerima pensiun TNI/Polri

5. Penerima pensiun janda/duda/yatim-piatu dari penerima pensiun sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2, 3 dan 4.

6. Penerima pensiun orang tua dari PNS yang tewas

7. Penerima tunjangan veteran

8. Penerima tunjangan PKRI

9. Penerima tunjangan KNIP

10. Penerima tunjangan KNIL

11. Penerima tunjangan janda/duda dari penerima tunjangan sebagaimana dimaksud pada angka 7, 8, 9, dan 10.



Simak Video "Ini 12 Kategori PNS yang Nggak Dapat THR"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)