Sempat Dipadati Penumpang, Pemeriksaan di Soetta Tambah Ketat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 20 Mei 2020 10:58 WIB
Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan perubahan jalur pemeriksaan berkas izin perjalanan. Sebagaimana diketahui kemarin penumpang berdesak-desakan.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kejadian antrean panjang yang terjadi pada penerbangan khusus bukan mudik di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, membuat PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II melakukan perubahan prosedur dan protokol keberangkatan penumpang di bandara.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa protokol baru ini telah dilakukan sejak tanggal 15 Mei 2020. Calon penumpang pesawat yang diizinkan melakukan perjalanan adalah mereka yang termasuk dalam kriteria pengecualian dan memenuhi dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan SE No. 04/2020 yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Prosedur baru per 15 Mei ini guna membuat pemeriksaan syarat-syarat dokumen lebih fokus dan dilakukan oleh petugas dari berbagai unsur seperti maskapai, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan lain sebagainya guna memastikan calon penumpang pesawat memenuhi persyaratan atau tidak," ujar Awaluddin dalam keterangannya, Rabu (20/5/2020).

Lebih rinci dia menjelaskan bahwa akan ada empat checkpoint di dalam prosedur baru tersebut. Penumpang akan melakukan verifikasi dokumen perjalanan pada checkpoint I. Kemudian di checkpoint II akan ada pemeriksaan dokumen dan fisik terkait kesehatan.

Selanjutnya, pihak KKP akan melakukan validasi dan klirens dari seluruh dokumen pada checkpoint III. Lalu terakhir, pada Checkpoint IV penumpang hanya tinggal melakukan check in.

Dia pun mengimbau agar setiap calon penumpang yang memproses keberangkatan selalu mengedepankan kedisiplinan ketika menjalani proses di 4 checkpoint.

"Penumpang juga diminta mempersiapkan berbagai dokumen yang dipersyaratkan sebelum ke bandara," tegas Awaluddin.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bandara Soetta Sempat Dibanjiri Penumpang, Ini Solusinya"
[Gambas:Video 20detik]