Orang Terkaya di India Ngebet Bikin Perusahaan Teknologi Raksasa

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 20 Mei 2020 14:31 WIB
Mukesh Ambani, India
Foto: Reuters
Jakarta -

Salah satu orang terkaya di India Mukesh Ambani berambisi membangun perusahaan teknologi skala global. Mengutip CNN Business Ambani akan meningkatkan JioPlatforms agar bisa sejajar dengan Google, Amazon, Alibab, dan Tencent.

Saat ini JioPlatforms telah memiliki ekosistem luas karena menyediakan layanan belanja bahan makanan sampai streaming video. Platform ini bisa digunakan untuk 388 juta orang India yang terdaftar di jaringan seluler Reliance Jio.

Ambani saat ini telah mengumpulkan dana US$ 9 miliar dari pendanaan seri A untuk pengembangan perusahaan ini. Dia mengungkapkan ingin perusahaannya menjadi perusahaan telekomunikasi yang besar dan ternama di dunia.

Perusahaan Ambani sebelumnya Reliance Industries saat ini telah berkembang menjadi perusahaan minyak, energi, toko ritel, operator seluler, broadband hingga platform digital. Ambani juga membutuhkan pendanaan dari Silicon Valley dengan mencari dana sebesar US$ 5,7 miliar.

"Kami ingin memperluas layanan ini untuk masyarakat India. Banyak petani dan UKM sampai siswa membutuhkan layanan ini," kata Ambani dikutip dari CNN, Rabu (20/5/2020).

Dia menjelaskan platform yang akan dikembangkan ini akan multitasking yakni mulai dari mobile banking, pengiriman pesan, media sosial dalam satu platform. Mirip dengan WeChat yang sangat populer di Cina.

Namun Ambani membantah kemiripan tersebut, yakni JioPlatforms akan memiliki jaringan seluler besar yang bisa digunakan untuk membangun basis pelanggan.

"Kami juga telah melihat e-commerce, konten, cloud. Akhirnya perusahaan teknologi menggantikan perusahaan telekomunikasi tradisional," ujarnya.

Sumber kekayaan Mukesh ini berasal dari Reliance Industri miliknya. Reliance sendiri pertama kali didirikan oleh mendiang ayahnya Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang, pada tahun 1966 sebagai produsen tekstil kecil.

Kini Reliance industri miliknya telah membawahi berbagai anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti petrokimia, telekomunikasi, hingga ritel, membuatnya menjadi orang super kaya yang tak terkalahkan di India selama 12 tahun.

Indonesia Terserah


Simak Video "Serikat Pedagang India Minta Warga Boikot Barang China!"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)