Ratusan Orang Gagal Terbang via Bandara Soetta, Ini Penyebabnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 21 Mei 2020 03:20 WIB
Kepadatan penumpang sempat terjadi di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) kemarin. Namun hari ini pada pukul 06.00 WIB, suasana di bandara tersebut tak seramai kemarin.
Ilustrasi/Foto: ari saputra
Jakarta -

Otoritas Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang menolak ratusan calon penumpang pesawat perjalanan khusus. Mereka ditolak terbang sesuai dengan instruksi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta.

Alasannya, para calon penumpang ini dinilai tidak ada yang memenuhi syarat di dalam SE Gugus Tugas COVID-19 No. 04 tahun 2020. Termasuk kelengkapan dokumen yang mesti dipenuhi.

"Sudah lebih dari 100 calon penumpang yang keberangkatannya ditolak. Sejak di Checkpoint I dilakukan pemeriksaan ketat," kata Kepala KKP Bandara Soekarno-Hatta Anas Ma'ruf dalam rilis resmi PT Angkasa Pura II, Rabu (20/5/2020).

Anas menyatakan sejauh ini masih sangat banyak calon penumpang yang tidak membawa dokumen perjalanan lengkap tapi memaksa ke bandara. Beberapa surat keterangan yang harus dilengkapi pun dinilai banyak yang tidak valid.

Selain itu, Anas mengatakan banyak juga penumpang pesawat yang melampirkan surat keterangan negatif virus Corona yang belum diperbaharui.

"Memang masih ada calon penumpang pesawat masih tidak membawa dokumen perjalanan lengkap. Surat-surat keterangan tidak valid, mulai dari surat tugas dan lainnya. Calon penumpang juga ada yang membawa surat keterangan rapid test atau PCR yang sudah kedaluwarsa," ungkap Anas.

Sementara itu, banyak juga masyarakat yang ditolak berangkat karena datang ke bandara tanpa memiliki tiket penerbangan. Bahkan para penumpang ini sama sekali tidak membawa satu pun dokumen yang dipersyaratkan.

Indonesia Terserah

Berlanjut di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2