Mensos Kebut Bagikan 3 Juta Bansos Tunai dalam 2 Hari

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Kamis, 21 Mei 2020 18:44 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara
Mensos Juliari Batubara/Foto: Muhammad Ridho
Solo -

Kementerian Sosial (Kemensos) mengebut pembagian bantuan sosial (bansos) tunai. Masih ada sekitar 3 juta keluarga yang harus menerima BST hingga Sabtu lusa.

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara menargetkan ada 8,3 juta keluarga yang menerima bansos tunai sebelum Lebaran. Artinya masih ada sisa dua hari untuk menyalurkan bansos tunai.

"Kami dengan PT Pos sudah bersepakat untuk target sampai hari Sabtu bisa mencapai 8,3 juta kepala keluarga. Mungkin sekarang sudah sekitar 5 juta," kata Mensos saat meninjau pembagian bansos tunai di kantor Kelurahan Jagalan, Solo, Kamis (21/5/2020).

Menurutnya, pelaksanaan pembagian bansos tunai di Solo sudah cukup tertib. Persoalan data ganda pun sudah dapat diminimalkan dengan adanya verifikasi data dari pemerintah daerah.

Dia mengingatkan agar pemerintah daerah selalu melakukan verifikasi data terlebih dahulu sebelum membagikan bansos tunai. Juliari berharap penerima bansos tunai tepat sasaran.

"Karena kan yang di lapangan pemda bukan Kemensos. Jadi saya kira teman-teman pemda sebagian besar sudah paham dan mereka juga sudah kenal dengan warganya," kata dia.

Sementara itu, Lurah Jagalan, Nanang Heri Triwibowo, mengatakan telah melakukan verifikasi data sesuai prosedur. Sebelum diverifikasi, terdapat beberapa data ganda dan data tidak sesuai. Awalnya, ada 711 warganya yang memperoleh bansos tunai. Namun setelah diverifikasi, ada 77 warga yang dicoret dari daftar.

"Kriteria penerimanya, warga yang terdampak COVID-19, tapi belum dapat bantuan lainnya. Yang kami coret macam-macam, ada yang PNS, ada yang pensiunan, ada yang sudah terima bantuan lain," tutupnya.



Simak Video "Mekanisme Bansos Dianggap Sulit, Ini Penjelasan Mensos"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/ara)