Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 23 Mei 2020 04:35 WIB

Sederet Modus Nakal Orang-orang yang Ngotot Mudik

Trio Hamdani - detikFinance
Puasa Mudik, Kepatutan dan Lebaran Foto: detik

Berdasarkan penelusuran detikcom di sosial media Facebook, banyak status yang menawarkan jasa mudik dengan menjanjikan bisa sampai ke kampung halaman. Ada yang berasal dari layanan travel, ada juga orang dadakan secara pribadi.

Seperti pria berinisial BS, sehari-harinya dia bekerja sebagai sopir taksi online. Namun karena orderan sepi, ia bersama teman seprofesinya mencoba mencari peruntungan dengan menyewakan mobil untuk mudik.

"Saya cuma mau rentalin mobil karena penghasilan online sudah nggak bisa diharapkan. Saya dan teman-teman anak online banyak yang siap direntalkan mobilnya kalau ongkosnya sesuai," kata BS kepada detikcom saat ditemui di Facebook, Senin (4/5/2020).

BS sebenarnya tahu jika ada larangan mudik. Namun hal itu mau tidak mau dilakukan demi memenuhi kebutuhan keluarganya. Siapa tahu ada yang memakai jasanya tersebut.

"Tahu (mudik dilarang). Saya perlu memenuhi kebutuhan keluarga, sementara di online sepi," ujarnya.

Dikarenakan belum ada pengalaman, ia tidak menjanjikan bisa lolos dari pemeriksaan petugas di jalan. Untuk itu, ia membuat kesepakatan terlebih dahulu kepada calon pemudik yang ingin menggunakan jasanya.

"Belum tahu (bisa lolos atau nggak), belum pernah lewat. Kalau nggak bisa lewat balik lagi gapapa ya," tawarnya.

Mungkin karena itulah sampai saat ini BS belum mendapatkan pemudik yang menggunakan jasanya. Sejak satu minggu ini ia mulai bisnis ilegal tersebut, belum ada calon pemudik yang mau menggunakan jasanya. "Belum pengalaman saya orang baru mau coba. Baru satu mingguan," ucapnya.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(toy/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com