Libur Lebaran, Pasar Ikan Modern Muara Baru Tetap Buka

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 24 Mei 2020 11:30 WIB
Presiden Jokowi meresmikan pasar ikan modern Muara Baru yang dikelola Perum Perindo, Rabu malam (13/3). Yuk intip seperti apa sih pasar yang  dibangun ala Tsukiji itu.
Pasar ikan modern Muara Baru/Foto: Perum Perindo
Jakarta -

Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru tetap beroperasi normal melayani perdagangan ikan pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Direktur Utama Perum Perindo Farida Mokodompit mengatakan sebagai pengelola PIM pihaknya tetap memberikan layanan kebutuhan pangan ikan kepada masyarakat di hari lebaran.

Para pedagang pasar ikan aktif seperti biasanya meski di hari raya dan mengutamakan protokoler COVID-19.

"Ini upaya kami untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat mendapatkan bahan baku pangan ikan serta terus aktif merealisasikan hasil tangkapan nelayan," ujarnya dalam keterangan resminya, Minggu (24/5/2020).

Lebih lanjut, dari hasil tinjauan di lapangan selama bulan Ramadan masa pandemi COVID-19 aktivitas perdagangan di PIM terus aktif operasional. Lantaran industri perikanan merupakan salah satu sektor pangan dan termasuk pengecualian PSBB.


Namun, untuk aktivitas food court di lantai 2 PIM Muara Baru selama masa PSBB pengunjung tidak diperkenankan makan di area karena sesuai anjuran pemerintah.

"Biasanya para pengunjung setelah membeli ikan langsung menjinjingnya ke arah food court untuk diolah masakan dan disantapnya, dan selama masa PSBB di masa pandemi COVID ini diamati para pengunjung hanya membeli beberapa produk Perikanan Indonesia sesuai kebutuhannya," jelas Farida.

Selain itu, Farida menambahkan menghadapi persiapan era new normal COVID-19, Perum Perindo juga telah mensosialisasikan kepada para pedagang ikan di PIM untuk tetap memperhatikan protokoler kesehatan COVID-19. Mulai dari penyediaan hand sanitizer, wastafel untuk cuci tangan serta para pedagang maupun pengunjung juga diwajibkan mengenakan masker selama beroperasi.

"Sosialiasi protokoler kesehatan persiapan new normal COVID-19 kami terapkan secara menyeluruh kepada para petugas karyawan Perum Perindo hingga para mitra pedagang dan pelaku usaha perikanan, mulai dari protokoler kesehatan pada sarana penyimpanan ikannya di cold storage, kebersihan pada lokasi jual beli ikannya di pasar dan protokoler kesehatan kepada konsumen," sambungnya.

Sebagai tambahan, pada hari raya ini PIM Muara Baru beroperasi mulai pukul 17.00 hingga 02.00 dini hari layaknya hari normal biasa.



Simak Video "Kue Lezat Khas Rasa Nikmat Pamekasan"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/hns)