Mudik Dilarang, 310 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 25 Mei 2020 21:00 WIB
Ada lebih banyak ruas tol di Trans Sumatera yang bisa dilewati saat mudik Lebaran tahun ini. Berikut daftarnya.
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) atau HK mencatatkan adanya 310 ribu kendaraan yang melintasi jalan tol Trans Sumatera pada momen Idul Fitri 2020. Jumlah itu merupakan akumulasi kendaraan sejak seminggu sebelum Lebaran.

Kendaraan-kendaraan ini hilir mudik melalui tol Bakauheni-Terbanggi besar (Bakter), Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), tol Palembang-Indralaya (Palindra), tol Medan-Binjai (Mebi), dan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) Seksi 1.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan jumlah ini turun dibanding tahun lalu yang mencapai 535.138 kendaraan saat momen Lebaran. Penurunan ini terjadi karena pembatasan transportasi yang dilakukan karena adanya PSBB dan larangan mudik untuk menekan penyebaran virus Corona.

"Tahun lalu dalam kondisi normal total kendaraan yang melintas di JTTS mulai seminggu hingga hari H lebaran adalah 535.138 kendaraan. Jumlah tersebut masih dalam kondisi tol Terpeka fungsional dan tol Pekdum Seksi 1 belum difungsionalkan," ujar Aries dalam keterangannya, Senin (25/5/2020).

Aries juga mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk memperketat penyekatan di beberapa ruas tol Trans Sumatera. Hal ini dilakukan seiring dengan larangan mudik yang diterapkan.

Pada H-1 Lebaran saja, pihaknya mencatat ada 500 lebih kendaraan yang ditolak masuk tol Trans Sumatera. Kendaraan tersebut diminta untuk putar balik ke daerah asalnya.

"Dari pantauan kami, hingga hari Sabtu (23/5) lalu, tercatat total ada 561 dari 10.434 kendaraan yang tidak lolos aturan saat diperiksa di check point dan pos penyekatan di GT Bakauheni Selatan tol Bakter dan GT Kayuagung tol Terpeka," ujar Aries.

Hingga saat ini, Aries mengatakan pihaknya telah menghentikan sementara fasilitas top-up tunai sebagai langkah pencegahan penularan Corona. Pihaknya juga melakukan pembagian masker, hand sanitizer dan tongkat tol secara gratis di sejumlah ruas tol.

Dari data yang HK, Peningkatan volume kendaraan paling signifikan di tol Trans Sumatera terjadi pada Senin 18 Mei yang lalu. Tercatat totalnya ada 45.980 kendaraan yang melintas, meningkat 10.431 kendaraan dibandingkan dengan hari sebelumnya dengan total 35.549 kendaraan saja. Peningkatan volume kendaraan per harinya sendiri rata-rata hanya sekitar 1000 hingga 2000 kendaraan.



Simak Video "Proyek Tol Cisumdawu Mandek, Jokowi: Segera Selesaikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)