Cerita Driver Ojol Tak Lolos Daftar Kartu Pra Kerja 3 Putaran

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 27 Mei 2020 12:36 WIB
Pemadaman listrik massal yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta hingga Jawa Barat berdampak ke sejumlah sektor. Salah satunya adalah layanan ojek online.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Driver ojek online (ojol) nelangsa di tengah penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pasalnya, kini pendapatan mereka seret karena angkutan penumpang ojol ditiadakan sementara.

Mereka pun mencari cara agar bisa mendapatkan pendapatan, salah satunya dengan mencoba mendaftarkan diri pada program Kartu Pra Kerja. Terlebih lagi dengan adanya tawaran insentif dari pemerintah.

Namun sial bagi Jerry, seorang driver ojol di Bogor, tiga kali putaran mendaftar program Pra Kerja tak pernah sekalipun dia lolos. Padahal menurutnya tawaran insentif yang diberikan sangat dibutuhkan olehnya.

"Kemarin udah coba daftar Pra Kerja, tapi nggak pernah lolos. Udah tiga putaran nih daftar dari awal, ini katanya mau ada yang keempat masih mau nyoba lagi deh," kisah Jerry kepada detikcom, Rabu (27/5/2020).

"Nggak paham juga kenapa nggak lolos, data bermasalah apa gimana, tapi datanya diterima pas daftar," katanya.

Insentif yang ditawarkan jadi motivasi Jerry untuk ikut program ini, terlebih dia merasa umurnya masih muda. Pihak aplikator menurutnya sering menyarankan untuk mendaftar Kartu Pra Kerja.

"Kan dapat bantuannya tuh lumayan lah, apalagi umur juga masih muda 20-an kan. Dari aplikasi juga dari awal udah banyak notifikasi suruh daftar," jelas Jerry.

Sementara itu, driver ojol lainnya Sartono, mengaku enggan mendaftar Kartu Pra Kerja. Dia menilai pasti mendaftarnya akan sangat sulit, belum lagi harus pelatihan dulu. Dia mengatakan yang dibutuhkan adalah bantuan.

"Saya malas daftarnya pasti ribet, yang dipilih aja dari seluruh Indonesia. Harusnya kasih aja bantuan langsung, ngapain perlu pelatihan segala," kata Sartono.



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)