Jabar New Normal 1 Juni, Tenant Mal di Bekasi Mulai Beres-beres

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 27 Mei 2020 15:56 WIB
Penampakan mal di Kota Bekasi jelang new normal
Foto: Vadhia Lidyana/detikcom: Penyewa gerai mal di Kota Bekasi mulai beres-beres jelang new normal
Bekasi -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (26/5) kemarin berkunjung ke Summarecon Mall Bekasi (SMB) untuk memastikan persiapan new normal. Dalam kesempatan yang sama itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan jika mal di Bekasi buka, maka akan disamakan tanggalnya dengan Jakarta.

Meski begitu, saat ini aktivitas di mal-mal lainnya terpantau masih sepi. Hanya gerai-gerai makanan, obat-obatan, dan toko swalayan yang buka.

Sementara, gerai-gerai pakaian, sepatu, kosmetik, mainan, peralatan sekolah, toko buku masih tutup. Namun, di beberapa toko dengan kategori tersebut terlihat ada pegawai yang bekerja. Misalnya di Mal Metropolitan yang berlokasi di Jalan KH Noer Ali, Bekasi Selatan.

Dari pantauan detikcom, Rabu (27/5/2020), sebuah toko yang menjual kosmetik dan perawatan tubuh di mal tersebut diisi oleh beberapa karyawan. Sejumlah karyawan itu terlihat menyusun produk-produk ke rak-rak toko.

Sama dengan salah satu toko yang menjual beragam sepatu dan pakaian olah raga. Rolling door toko terlihat terbuka sedikit, namun penerangan toko tak dinyalakan. Dari luar toko, para karyawan terlihat merapikan isi toko.


Menurut seorang pegawai di Mal Metropolitan yang tak mau disebutkan namanya, para karyawan dari tenant-tenant mal memang hari ini beraktivitas merapikan toko.

"Mereka rapi-rapi toko, katanya kan mal mau buka lagi," ujar pegawai tersebut.

Tak jauh berbeda, suasanya di Grand Metropolitan juga sama. Meski toko pakaian, sepatu, toko buku tutup, namun beberapa karyawan terpantau beraktivitas.

Bahkan, sebuah toko yang menjual sepatu dengan brand internasional mencantumkan pengumuman yang berisikan kontak karyawan jika ada pengunjung yang ingin membeli produknya. Meski tak bisa melayani langsung di mal, toko itu menyediakan layanan pemesanan melalui kontak para karyawan.


Seorang petugas keamanan di mal tersebut mengatakan, sejumlah karyawan berharap mal segera buka, dan aktivitas bisa kembali normal.

"Kalau mengikuti pemerintah kan 8 Juni. Ya semoga saja lebih cepat, karyawan penginnya sih cepat-cepat buka," katanya.



Simak Video " Ini Aturan New Normal bagi Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)