Waduh! Ada Nelayan Nggak Dapat Bansos Gara-gara Dibenci Kades

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 28 Mei 2020 16:13 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pemerintah akan memberikan bantuan secara khusus untuk 1,1 juta nelayan. Alasanya, ternyata masih banyak nelayan yang tidak mendapatkan bantuan sosial dari program yang sudah bergulir sebelumnya.

Angka 1,1 juta nelayan itu berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Data itu merupakan nelayan yang terdampak wabah COVID-19 namun belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Kalau harus jujur mengakui yang semuanya terdampak. Baik yang besar atau yang kecil. Angka yang saya sampaikan 1,1 juta itu adalah angka estimasi dari data yang kami temukan di lapangan. Tetapi kami yakin data dari bansos yang diberikan pemerintah harus diverifikasi lagi. Kenapa? saya yakin ini semua sudah sampai, atau sudah kena bantuan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/5/2020).


Edhy mengungkapkan pihaknya mendapatkan informasi, di lapangan masih ada nelayan yang belum mendapatkan bansos. Alasannya bermacam-macam, bahkan ada yang tidak dapat bansos lantaran kepala desanya (kades) tidak suka dengan nelayan tersebut.

"Dari masukan dari lapangan, bahwa yang tidak terbagi sembako atau bansos itu tidak begitu banyak. Ada beberapa masukan dari Indramayu kemarin yang nggak dapat. Alasannya, kepala desanya tidak suka, macam-macam lah. Terus di Langkat juga ada. Akhirnya kami intervensi dengan patungan dari kita sendiri dan ini semua belum sampai ke Mensos," terangnya.

Data itu, lanjut Edhy, akan diverifikasi oleh Kementerian Sosial. Para nelayan yang belum mendapatkan bantuan akan diberikan bansos reguler dengan jumlah bantuan yang sama.



Simak Video "Jokowi Ingin 2,7 Juta Petani dan 1 Juta Nelayan Dapat Bansos"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)