Blak-blakan Alphonzus Widjaja: Menjawab Polemik Mal Buka di Tengah Pandemi

Deden Gunawan, Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 29 Mei 2020 07:00 WIB
Poster
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Setelah menutup diri karena pandemi COVID-19 selama hampir tiga bulan terakhir, sejumlah mal di beberapa daerah bersiap untuk kembali beroperasi. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) telah menyiapkan sejumlah protokol yang harus dipatuhi pengelola, penyewa ruang dan para pramuniaga, hingga pengunjung mal. Dengan penerapan protokol yang ketat kemungkinan masyarakat menyerbu untuk berbelanja seperti di Mal CBD Ciledug pada 20 Mei lalu bisa dihindari.

"Kondisinya akan berbeda. Kalau di Ciledug itu kan karena menjelang lebaran, baru terima THR, terima bansos. Juga ada yang kangen, rindu mal setelah lama diam di rumah," kata Wakil Ketua Umum DPP APPBI Alphonzus Widjaja kepada tim Blak-blakan detik.com, Rabu (27/5/2020).

Pasca lebaran, ia melanjutkan, masyarakat yang masih punya uang kemungkinan terbatas. Juga kebanyakan biasanya akan masih akan sangat berhati-hati untuk ke tempat-tempat publik, seperti mal.

"Kami mendapat informasi dari asosiasi mal di luar negeri yang terjadi seperti itu. Jadi orang tuh tak akan langsung mau ke mal, masih takut-takut. Nggak ada yang langsung mau hangout di mal," kata Alphon merujuk kondisi yang terjadi di China, Thailand, dan Singapura.

Ia juga menegaskan soal waktu pembukaan mal hingga saat ini belum ada keputusan apakah pada 5 atau 8 Juni seperti ramai diberitakan. Sebab semua tergantung keputusan masing-masing pemerintah daerah sebagai pihak yang paling memahami kondisi pandemi.


Pada bagian lain Alphon mengungkapkan, pembukaan mal diharapkan dapat menggerakan roda perekonomian secara bertahap, terutama di sektor ritel. Pengelola mal, kata dia, kemungkinan tak akan mengenakan uang sewa terhadap para penyewa ruang hingga beberapa bulan ke depan. Sebab tujuan utamanya adalah membantu mereka memiliki cash flow.

Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Wakil Ketua Umum DPP APPBI Alphonzus Widjaja, "Kangen Mal, Menggerakkan Ekonomi" di detik.com, Jumat (29/5/2020).

[Gambas:Video 20detik]











Simak Video "Kembali Dibuka, Begini Situasi Pondok Indah Mall"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)