Jokowi Tak Mau Corona Hentikan Proyek Strategis Nasional

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 29 Mei 2020 11:10 WIB
Presiden Jokowi mengecek persiapan new normal di stasiun MRT dan Summarecon Mall Bekasi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Proyek Strategis Nasional (PSN) terus berjalan. Sekali pun ada pandemi Corona, dia tak ingin PSN terkendala.

Pagi ini, Jokowi mengumpulkan para menterinya dalam rapat terbatas khusus membahas evaluasi PSN untuk pemulihan ekonomi nasional dampak COVID-19. Saat membuka rapat tersebut dia menegaskan bahwa PSN sangat penting bagi negara.

"Pertama walaupun saat ini kita tengah menghadapi pandemi tapi agenda-agenda strategis yang sangat penting bagi bangsa dan negara kita yang menjadi prioritas bagi kepentingan nasional tidak boleh berhenti dan tetap harus kita lanjutkan," tuturnya saat membuka ratas virtual, Jumat (29/5/2020).

Agenda strategis yang dimaksud Jokowi tidak hanya di bidang ekonomi, tapi juga di bidang mendasar lainnya yang penting bagi kehidupan rakyat. Dia mencontohkan seperti peingkatan kualitas SDM, menurunkan stunting dan lain sebagainya.

"Ini artinya kita harus fokus menangani dan mengendalikan COVID-19 tapi agenda-agenda strategis yang berdampak besar bagi kehidupan rakyat juga tidak boleh dilupakan," tegasnya.


Terkait dengan PSN, Jokowi pun minta agar proyek-proyek yang sudah ditetapkan dalam PSN bisa diprioritaskan. Terlebih untuk proyek-proyek yang dinilai berdampak langsung terhadap pemulihan ekonomi.

"Saya minta diprioritaskan percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat, yang berdampak langsung pada pemulihan ekonomi nasional. Saya mencatat beberapa PSN yang sangat penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat. Misalnya seperti program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial serta peremajaan perkebunan rakyat," terangnya.

Jokowi ingin pastikan seluruh program prioritas dalam PSN tetap berjalan. Namun dia menegaskan agar tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat.



Simak Video "Ratas PSN, Jokowi: Prioritaskan yang Berdampak Langsung ke Ekonomi Rakyat"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)