Hari Terakhir Isi Sensus Penduduk Online, Begini Caranya

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 29 Mei 2020 12:01 WIB
Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 telah dimulai sejak Sabtu (15/2/2020) lalu. Data warga yang telah masuk dapat dipantau di Kantor Badan Pusat Statistik, Jakarta.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pengisian sensus penduduk (SP) tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilakukan secara online. Artinya ini adalah hari terakhir mengisi sensus penduduk hingga pukul 23.59 WIB.

Pastikan Anda sudah melakukannya karena sensus ini wajib diikuti oleh setiap warga negara Indonesia (WNI). Dengan online begini, prosesnya dinilai tak akan meluangkan banyak waktu karena untuk menjawab pertanyaan yang tercantum pada laman SP online hanya sekitar 5 menit.

Bagaimana cara isinya?

Sebelum mengakses laman sensus.bps.go.id, persiapkan terlebih dahulu dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), buku nikah, dan dokumen cerai hingga surat kematian (bila diperlukan). Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Login

Buka laman sensus.bps.go.id, kemudian isi kolom yang ada di sebelah kanan, yakni NIK dan Nomor KK. Lengkapi juga kode akses yang tersedia di layar, setelah itu klik 'Cek Keberadaan' untuk login mengisi sensus.

2. Daftar

Setelah berhasil masuk, buat kata sandi dan pertanyaan keamanan guna memastikan akun terjamin saat pengguna lupa kata sandi. Setelah dirasa sudah aman klik 'Buat Password'.

3. Isi Sensus

Login kembali dengan kata sandi yang baru dibuat dan klik 'masuk'. Selanjutnya, baca panduan awal mengisi sensus penduduk online dan klik 'mulai mengisi'.

Isi semua pertanyaan yang tertera pada layar dengan informasi yang jujur serta ikuti semua petunjuknya. Setelah mengisi semua pertanyaan pastikan status data setiap anggota keluarga 'sudah update' dan klik 'kirim'.

Terakhir, download bukti pengisian dan selesai

Bagaimana pengalamannya yang sudah mengisi sensus? Boleh ceritakan di kolom komentar ya!



Simak Video "Tak Hanya Diskon, Ini Cara Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)