SpaceX Sukses Kirim Astronaut, Saham Virgin Galactic Melambung

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 02 Jun 2020 10:04 WIB
Pesawat Luar Angkasa Virgin Galactic
Foto: Dok. Virgin Galactic
New York -

Kesuksesan Kapsul Crew Dragon yang dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) SpaceX membuat saham Virgin Galactic melambung.

Saham Virgin Galactic (SPCE) milik Richard Branson melonjak lebih dari 6% pada awal perdagangan Senin waktu setempat. Secara total sahamnya naik hampir 60% sejak Virgin Galactic go public Oktober lalu.

Optimisme tentang peluncuran SpaceX milik Elon Musk, merupakan misi pertama NASA dalam sembilan tahun terakhir. Misi tersebut memberi sentimen positif terhadap berbagai perusahaan yang bermain di bisnis luar angkasa.

Procure Space ETF (UFO) yang banyak berinvestasi di perusahaan-perusahaan tersebut, naik 2,5% pada Senin kemarin.

Dikutip dari CNN, Selasa (2/6/2020), Virgin Galactic adalah salah satu kepemilikan terbesar di ETF yang dengan kode perdagangan UFO tersebut.


UFO juga termasuk beberapa perusahaan media yang mengandalkan teknologi satelit, seperti DISH Network (DISH) dan Sirius XM (SIRI), serta perusahaan teknologi navigasi dan pemetaan Garmin (GRMN).

SpaceX, yang dipimpin CEO Tesla Elon Musk, saat ini bernilai US$ 36 miliar setara Rp 522 triliun (kurs Rp 14.480/dolar AS). Hal tersebut menjadikan SpaceX salah satu startup paling bernilai tinggi di dunia.

Musk secara konsisten menyatakan bahwa SpaceX tidak akan menjual sahamnya ke publik. Meskipun demikian, keberhasilan SpaceX ini tampaknya mendorong saham Tesla (TSLA) naik hampir 5%.

Tekno


Simak Video "Detik-detik Peluncuran Misi SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)