Perhatikan! Ini Jadwal Operasional KRL saat New Normal

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 02 Jun 2020 16:50 WIB
Imbauan memakai masker di angkutan umum telah digalakkan sejak penerapan PSBB. Hingga kini para penumpang KRL pun tertib dengan imbauan tersebut.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) menyiapkan tiga protokol operasional Kereta Api Listrik (KRL) untuk menghadapi era new normal. Pada tahap awal KCI akan melakukan pengoperasian jalan sebanyak 770-783 KA saja per hari. Untuk, jam operasional tahap ini pun masih terbatas yaitu mulai pukul 04.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

"Untuk jumlah penumpang kereta dibatasi 80 penumpang per kereta (gerbong) itu protokolnya adalah menggunakan masker," kata Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti diskusi virtual bertajuk Implementasi New Normal Menghadapi Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Situasi Ekonomi dan Sosial, Selasa (2/6/2020).

Tahap selanjutnya, jumlah perjalanan dan kereta KRL akan ditambah menjadi 885-900 KA per hari. Penambahan ini juga membuat jam operasi lebih panjang dari sebelumnya yaitu mulai pukul 04.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB.

"Total penumpang setiap ditambah menjadi 102 penumpang (per kereta/gerbong)," sambungnya.

Terakhir, jumlah perjalanan dan kereta KRL akan ditingkatkan lagi menjadi sebanyak 991-1001 KA per hari dengan jam operasional dari pukul 04.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.

"Jumlah penumpang per kereta ditingkatkan menjadi 140 orang," sambungnya.

Meski begitu, penerapan kedua tahapan tersebut masih menunggu hasil evaluasi dan persetujuan dari pemerintah pusat. Jika disetujui maka tidak menutup kemungkinan langkah-langkah tersebut akan diambil oleh PT KCI.

Wiwik menambahkan, seiring diterapkannya kedua tahap ini, protokol kesehatan juga bakal lebih diperketat dibandingkan pada tahapan awal. Semua penumpang diwajibkan menggunakan lengan panjang, dan tidak boleh berbicara di dalam kereta.

Selanjutnya
Halaman
1 2