Bicara New Normal, Kepala Bappenas: Pakai Masker, Rajin Cuci Tangan!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 02 Jun 2020 20:30 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa turut hadir dan menyerahkan penghargaan kategori UN SDGs kepada April Grup.
Foto: dok. April
Jakarta -
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengajak masyarakat Indonesia untuk siap menghadapi new normal. Menurut dia masyarakat juga harus siap beradaptasi dengan kebiasaan baru.

"Kebiasaan baru ini bukanlah hal yang rumit tapi sudah kita praktikkan di beberapa hari terakhir. Seperti social distancing, physical distancing, menggunakan masker, mencuci tangan dan membawa hand sanitizer jika sulit menemukan tempat cuci tangan," kata dia dalam video live BNPB, Selasa (2/6/2020).

Dia mengharapkan agar Indonesia bisa lebih cepat mengatasi pandemi ini. Suharso meminta setiap anak bangsa berpartisipasi sekecil apapun untuk memerangi COVID-19 ini.

Suharso menyampaikan dalam situasi normal baru protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat mulai dari tempat ibadah, pasar dan tempat umum lainnya. Kemudian dia mencontohkan dengan situasi normal baru ini kemungkinan masyarakat tidak akan keluar masuk ke restoran seperti sebelumnya namun harus dengan perjanjian.

Selain itu setelah beraktivitas masyarakat juga harus langsung mandi dan membersihkan diri. Menurut Suharso tidak ada yang rumit dengan situasi normal yang baru ini.

Yang penting disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. "Kedisiplinan ini penting dalam menjalankan protokol kesehatan. Marilah sama-sama kita rajin mencuci tangan dengan sabun. Lalu jangan lupa menggunakan masker jika ingin keluar rumah dan bekerja. Kemudian tidak perlu lagi bersalaman dan cipika-cipiki cukup salam namaste," imbuhnya.



Simak Video "Pengangguran di RI Bertambah 3,7 Juta Orang "
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)