Dikritik soal Utang, Luhut: Jangan Lewat Media Sosial Saja

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 04 Jun 2020 13:32 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar pengkritik utang untuk menemui dirinya. Ia pun meminta agar hal itu tidak hanya dibicarakan di media sosial saja.

"Jadi kalau ada yang mengkritik kita, kita juga pengin ketemu jadi jangan media sosial aja," katanya dalam webinar Selasa lalu (2/6/2020).

Dia menuturkan defisit anggaran pada tahun ini akan melebar karena dampak virus Corona. Namun, defisit itu kembali menyempit pada tahun 2023. Defisit anggaran diperkirakan akan menjadi 6,3%.

"Saya koreksi defisit APBN kita biasanya di bawah 3%. Nah dengan ini, dengan Perppu tadi kita 2020 bisa sampai 6,3% tapi itu secara bertahap akan turun ke 2,8% di 2023 secara gradual itu akan membaik," ungkapnya.

Kemudian, rasio utang juga akan melebar menjadi 32% terhadap PDB. Tapi, kata Luhut, angka itu masih lebih rendah dibanding negara lain.

"Debt to GDP kita memang itu kemarin sempat 29%, sekarang mungkin akan naik, untuk tahun ini mungkin 32%. Tapi angka ini masih jauh lebih rendah daripada negara lain," ujarnya.



Simak Video "Covid-19 di Bali Meningkat, Luhut Batasi Kunjungan Turis"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)