Ojol di DKI Boleh Bawa Penumpang Lagi, Kemenhub Sudah buat Protokol?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 04 Jun 2020 23:00 WIB
Tarif baru batas bawah dan batas atas ojek online telah berlaku sejak Senin (2/9/2019). Tarif diatur berdasarkan zonasi.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Ojek online (ojol) kembali diperbolehkan mengangkut penumpang lagi di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan per 8 Juni 2020 ojol kembali diperbolehkan mengangkut penumpang.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan bahwa sebetulnya pengoperasian ojol sudah diatur dalam Permenhub Nomor 18 tahun 2020 soal pengaturan transportasi di masa pandemi Corona.

Dalam beleid tersebut, Adita mengatakan ada bab pengendalian transportasi di daerah PSBB. Adita menyatakan selama wilayah tersebut berstatus PSBB maka akan merujuk pada ketentuan tersebut dalam pasal 11 ayat 1 c dan d.

"Dalam PM Nomor 18 itu ada Bab Pengendalian Transportasi di Daerah PSBB. Selama wilayah tersebut berstatus PSBB maka merujuk pada ketentuan tersebut," kata Adita kepada detikcom, Kamis (4/6/2020).

Dalam pasal 11 poin c disebutkan sepeda motor berbasis aplikasi dibatasi penggunaannya hanya untuk pengangkutan barang. Hanya saja, dalam poin d ojol diperbolehkan angkut penumpang untuk hal tertentu dengan tujuan melayani kepentingan masyarakat dan harus memenuhi protokol kesehatan.

Nah masih dalam poin d, Adita menjelaskan Permenhub sudah menyiapkan protokol kesehatan. Pertama ojol wajib melakukan disinfeksi kendaraan dan perlengkapan sebelum dan setelah selesai digunakan.

Kemudian, driver ojol wajib menggunakan masker dan sarung tangan. Selain itu, driver wajib dalam keadaan sehat, dan suhu tubuhnya tidak di atas normal.

Hanya saja, Adita mengatakan saat ini Kemenhub sedang mempersiapkan penajaman dan pendalaman protokol kesehatan yang ada di pasal 11 ayat d.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan penajaman protokol kesehatan tersebut. Sementara itu aturan di atas yang akan diberlakukan," kata Adita.



Simak Video "Perlengkapan Wajib Naik Ojol di Masa New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)