Orang Super Kaya Ini Punya 3 Tips Kelola Duit Saat Corona

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 05 Jun 2020 16:37 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Miliuner Hedge Fund Ray Dalio menjelaskan pandemi virus Corona akan menyebabkan perekonomi terus memburuk. Sebagai dampak virus Corona kini terjadi kekacauan finansial di berbagai sektor, hilangnya pendapatan, dan restrukturisasi di berbagai perusahaan. Hal itu menghambat pemulihan ekonomi dan diperkirakan akan memakan waktu lama.

Dengan mengingat hal-hal itu, Dalio memiliki saran untuk menangani kekhawatiran dalam menabung di tengah ekonomi terburuk sepanjang sejarah ini. Dikutip dari CNBC, Jumat (5/6/2020) berikut tiga saran Ray Dalio dalam mengelola tabungan di tengah ancaman resesi ekonomi akibat virus Corona.

Tentukan Cara Penghematan
Pertama, Anda perlu memperhatikan berapa banyak pengeluaran yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan guna menghitung seberapa banyak uang yang dapat Anda simpan.

″Tentukan berapa bulan atau tahun yang bisa Anda dapatkan dari pendapatan yang bisa ditabung. Hal itu untuk memastikan Anda hidup nyaman dan aman di masa depan," kata Dalio.

Dengan kata lain, Anda harus menghitung rata-rata, pengeluaran dasar Anda mulai dari sewa rumah atau bayar KPR hingga biaya makanan dan tagihan penting lainnya. Setelah itu, Anda bisa mengetahui seberapa banyak uang yang Anda perlukan untuk bertahan hidup.

Penghematan yang cukup dapat memastikan keadaan finansial yang sehat selama beberapa bulan dan tahun. "Ingat, Anda tidak harus hidup mewah untuk menutupi kebutuhan dasar," tergas Dalio.

Ketika menghitung tabungan sebisa mungkin dibagi menjadi beberapa bagian. Pastikan Anda memprediksi skenario terburuk atau dana tak terduga karena segala sesuatu dan kondisi dapat berubah. Lebih baik tentukan skenario untuk menyiapkan ketenangan jika terjadi sesuatu yang di luar kendali.


Pecah Investasi Anda ke Beberapa Instrumen
Mendiversifikasi portofolio itu berarti menyebarkan uang Anda di berbagai instrumen aset yang biasanya dengan tingkat risiko berbeda-beda.

"Anda perlu melakukan diversifikasi dengan memegang aset yang akan berhasil baik dalam lingkungan inflasi naik atau turun, dan [Anda] harus melakukan diversifikasi dengan memegang kelas aset internasional maupun domestik," kata Dalio.

Dalio pun menentang memegang uang tunai atau obligasi pemerintah saat ini, karena dikhawatirkan inflasi dapat merusak nilainya dari waktu ke waktu. Dia menyarankan investasi emas menjadi pilihan terbaik saat ini

"Uang tunai tidak akan menjadi investasi yang baik," katanya,

"Saya pikir Anda harus memiliki sedikit emas dalam portofolio Anda. Banyak investor, termasuk miliarder Warren Buffett, cenderung memandang emas sebagai investasi yang relatif aman dan stabil di masa krisis," tambah Dalio.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Milenial Investasi Emas, Siapa Takut?"
[Gambas:Video 20detik]