Dianggap Sering Urusi Penanganan Corona, Luhut: Saya Dewan Pakar!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 05 Jun 2020 21:32 WIB
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandajaitan saat menjalani wawancara dengan detikcom di acara Blak-blakan, Kamis (19/7).
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa dia merupakan Dewan Pakar Gugus Tugas COVID-19. Hari ke hari pun dia rajin memberi koreksi.

"Kan saya Dewan Pakar. Jadi day to day turut memberi koreksi," jelas Luhut dalam sebuah diskusi online via Zoom, Jumat (5/6/2020).

Dia juga bicara soal koordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, salah satunya dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia menegaskan bahwa komunikasi dengan Anies Baswedan berjalan lancar.

Dia mengaku sering komunikasi via telepon dengan Gubernur DKI Jakarta dan beberapa pimpinan daerah yang bermasalah dengan COVID-19.

"Orang bilang saya dengan Gubernur DKI (tidak koordinasi). Saya telponan kok ke Gubernur DKI, Jabar, Jateng, Jatim, kita telponan ke daerah yang ada masalah," kata Luhut.

Dia mengatakan bahwa pemerintah tak hanya asal mengeluarkan kebijakan soal penanganan Corona. Misalnya, masalah pelonggaran pembatasan hal itu dilakukan sesuai dengan data kurva pandemi.

Kemudian soal kebiasaan sehat selama masa pembatasan harus tetap dilakukan meski dilonggarkan. Selanjutnya, koordinasi dengan Pemerintah Daerah pun harus dijaga.

"Health habit selama PSBB itu harus kita jaga. Lalu harus coordinate dengan pemerintah daerah," kata Luhut.



Simak Video "Luhut: Laju Penyebaran Covid-19 Menurun 7 Hari Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)