61.837 Desa Sudah Salurkan BLT Tahap Pertama

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 11 Jun 2020 11:24 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

Dia menyebutkan hingga 8 juni 2020 penyaluran DD ke RKDes sudah mencapai 94% yakni 70.786 desa dari 74.953 desa.

Pada kesempatan itu, Mendes PDTT menjelaskan faktor DD sudah masuk RKDes tapi belum menyalurkannya. Menurutnya, hambatan pertama ditemukan ketidakadanya KK miskin sehingga musdes tidak bisa mengambil keputusan terkait keluarga yang berhak menerima BLT.

"Jadi seluruh Jaring Pengaman Sosial (JPS) tidak berlaku di desa itu," katanya.

Hambatan lainnya seperti DD tahap satu sudah terpakai untuk kegiatan sesuai dengan ketentuan sehingga ditetapkan DD tahap kedua untuk BLT DD, kondisi geografis yang sulit untuk mencapai KPPN dan bank, data hasil sinkronisasi dari Kabupaten belum dikeluarkan, muncul data baru KPM dari JPS lain pasca Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) sehingga data KPM dobel dan harus dilakukan perbaikan, pencairan dana dari Bank dibatasi dan juga disebabkan karena belum adanya titik temu antara warga dan pemdes yang minta di bagi rata.

"Itulah sejumlah hasil evaluasi terkait BLT DD yang kemudian mengerucut pada dua faktor belum tersalurkannya BLT DD yakni DD belum masuk RKDes dan DD sudah masuk RKDes tapi masih terhambat dalam penyalurannya. Kita masih terus lakukan komunikasi agar BLT DD bisa segera tersalurkan dengan cepat," katanya.

Halaman


Simak Video "7 Juta KK Sudah Terima BLT Dana Desa"
[Gambas:Video 20detik]

(das/ara)