Bagaimana Kesiapan Sektor Pariwisata Sambut New Normal?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 12 Jun 2020 19:10 WIB
Pemerintah tengah mengejar target wisatawan 17 juta wisman 2017. Target itu akan naik menjadi 20 juta wisman pada 2019.
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra

Odo kemudian menjelaskan bahwa nantinya ada promosi yang dilakukan di daerah-daerah untuk membuat wisatawan plesiran di daerahnya saja. Dia menjelaskan misalnya ada diskon hotel untuk masyarakat di suatu daerah dengan menunjukkan KTP daerah itu sendiri.

Salah satu tujuannya untuk membuka roda perekonomian daerah. Selain itu bisa mencegah masyarakat ke luar masuk suatu daerah untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Nanti mungkin misalnya di Padang, akan ada hashtag #DiPadang aja. Tujuannya adalah membuat roda ekonomi berputar dan menerapkan protokol kesehatan untuk membuat trust tempat itu aman dan terjaga kesehatannya," kata Odo.

"Strategi lainnya dari pemerintah adalah mendorong in city promosi, misal di Banten, Anda warga Banten, gunakan KTP Banten ke hotel di Banten dapat paket diskon," ujarnya.

Soal wisatawan asing, Odo mengatakan pihaknya dengan Kemenparekraf dan Kemenlu sedang berdiskusi untuk membuka travel bubble ke 4 negara. Mulai dari Korea Selatan, Australia, Jepang, dan China.



Simak Video "Geliat Makassar Bangkitkan Pariwisata Sekaligus Pupuk Cinta Budaya"
[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)