Pembeli Sepi, Harga Bawang di Medan Merosot

Datuk Haris Molana - detikFinance
Kamis, 18 Jun 2020 13:39 WIB
Harga bawang merah di Medan merosot
Foto: Datuk Haris Molana/detikcom
Medan -

Harga bawang merah dan bawang putih di Pajak Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara merosot. Hal tersebut diakibatkan karena minat pembeli berkurang.

"Kurang laku. Kemudian, barang (bawang merah) dari Solok lagi banjir," kata salah seorang pedagang Pajak Petisah, Nurmala dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (18/6/2020).

Nurmala menyebutkan bawang yang dijualnya itu biasanya juga dibeli oleh hotel-hotel, restoran, dan warung- warung lainnya. Karena masih ada yang tutup, maka para pembeli berkurang.

"Harga bawang merah sekitar Rp 40 ribu per kilogram (Ini barang dari Brebes. Kalau yang dari Solok sekitar Rp 30 ribu. Sementara harga bawang putih Rp 16 ribu per kilogram," sebut Nurmala.


Nurmala menuturkan harga bawang merah jatuh sejak beberapa hari terakhir. Sementara bawang putih sudah lebih dari sepekan. Jika dibandingkan bulan sebelumnya harga bawang merah masih meningkat. Per kilonya bisa sampai di harga Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu/kilogram. Sementara bawang putih sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram.

"Iya rugi, apalagi ada stok lama. Harga lama kan rugi," sebut Nurmala.



Simak Video "Jelang Lebaran, Harga Bawang Merah di Polewali Mandar Mulai Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)