Pengusaha: Stimulus Dampaknya Belum Terlalu Dirasakan Dunia Usaha

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 18 Jun 2020 22:30 WIB
Hariyadi Sukamdani
Ketua umum APINDO Hariyadi Sukamdani/Foto: MarkPlus, Inc
Jakarta -

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Hariyadi Sukamdani mengatakan dampak virus Corona sangat memukul semua negara termasuk Indonesia. Dia pun memberikan tiga masukan kepada pemerintah terkait penanganan pandemi ini.

Pertama, Hariyadi meminta penanganan Corona lebih ditingkatkan salah satunya dibuat pelacakan atau tracing yang langsung terhubung dengan handphone (HP) untuk mengetahui seseorang positif Corona. Cara ini dinilai sudah dilakukan di beberapa negara.

"Ini penting selain kita test (COVID-19) tapi juga harus melakukan pelacakan diri. Bagaimana pun tanpa penanganan yang tepat ini membuat perasaan kita jadi khawatir atau waswas," kata Hariyadi dalam diskusi virtual, Kamis (18/6/2020).


Kedua, Hariyadi meminta stimulus buat pengusaha ditingkatkan. Selama ini stimulus yang diberikan pemerintah dinilai belum bisa dirasakan oleh pengusaha.

"Stimulus sampai hari ini dampaknya belum bisa terlalu dirasakan oleh dunia usaha. Pada intinya semua stimulus itu terkait untuk meringankan beban biaya. Jadi itu sangat kita butuhkan untuk menekan beban agar kita masih mempunyai nafas yang panjang," kata Hariyadi.

Ketiga, meminta pemerintah untuk membuat model kerja untuk memulihkan permintaan (demand). Hal ini dinilai perlu karena pengusaha sudah sangat terpukul omzetnya akibat pandemi.

"Kami berharap semua masukan yang telah kami sampaikan dapat sekiranya diberikan perhatian. Paling tidak kita sama-sama cari jalan keluar karena memang sangat sulit," jelasnya.



Simak Video "Pengusaha Sebut 'Black Market' Penyebab Langkanya Minyak Goreng"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)