Softbank Mau Investasi ke 14 Startup Milik Kulit Hitam

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 19 Jun 2020 10:07 WIB
SUN VALLEY, ID - JULY 08: Masayoshi Son, founder and chief executive officer of SoftBank, the chief executive officer of SoftBank Mobile, and current chairman of Sprint Corporation, attends the Allen & Company Sun Valley Conference on July 8, 2015 in Sun Valley, Idaho. Many of the worlds wealthiest and most powerful business people from media, finance, and technology attend the annual week-long conference which is in its 33rd year.  (Photo by Scott Olson/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

SoftBank Group Corp, raksasa teknologi asal Jepang, akan berinvestasi pada 14 lebih startup di Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh pengusaha kulit hitam dan kalangan minoritas lainnya.

Kepala Eksekutif SoftBank Vision Fund, Rajeev Misra menjelaskan alasan dari rencana tersebut. Menurut Misra, perusahaannya telah berkomitmen untuk mendorong keberagaman serta ingin menghancurkan penghalang bagi minoritas di AS. Selain itu, misi investasi ini adalah untuk mengembangkan program akselerator SoftBank yang diberi nama program Emerge.

"Dengan secara signifikan memperluas jangkauan akselerator kami, kami akan bermitra lebih dekat dengan pendiri yang luar biasa dan membantu mereka meningkatkan startup mereka," kata Misra dikutip dari Reuters, Jumat (19/6/2020).

SoftBank akan mengucurkan sebanyak US$ 2 juta atau US$ 150 ribu untuk masing-masing startup terpilih. Di antaranya ada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang manajemen energi seperti SHYFT Power Solutions dan startup air, Aquagenuity.

Salah satu pendiri dari startup itu, Ugwem Eneyo mengatakan bahwa program ini membantu mereka berkembang dan berkolaborasi dengan pendiri lainnya.

"Pada saat orang lebih banyak membicarakan tentang rasisme sistematis, bias dan ketidaksetaraan lainnya, saya sangat senang melihat Emerge berkomitmen untuk mendukung para pendiri yang kurang terwakili," kata Eneyo.

Sebelumnya, SoftBank juga sudah mengucurkan bantuan sebesar US$ 100 juta pada awal bulan ini untuk para pendiri kulit hitam di tengah permasalahan rasisme di AS. Dana itu diinvestasikan melalui suntikan modal untuk perusahaan modal ventura.



Simak Video "Buntut Corona, SoftBank Jual 198 Juta Lembar Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)