Milenial Jadi Direktur BUMN, Kementerian: Bagian dari Eksperimen

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 22 Jun 2020 19:40 WIB
Gedung Kementerian BUMN
Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta -

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membidik milenial untuk duduk di kursi direksi perusahaan pelat merah. Yang baru-baru ini direalisasikan adalah penunjukan Co-Founder dan Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid sebagai direktur PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom.

Menurut Deputi SDM Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni diletakkannya milenial sebagai direktur BUMN merupakan bagian dari eksperimen untuk menyukseskan perusahaan negara.

"Itu bagian dari eksperimen. Mudah-mudahan kalau itu sukses kita replicate untuk melakukan akselerasi ke depannya," kata dia dalam Webinar yang diselenggarakan di saluran YouTube Kementerian PANRB, Senin (22/6/2020).

Dia menjelaskan salah satu kunci sukses di BUMN adalah diberikannya Sufficient Trust & Support untuk melakukan terobosan, eksperimen, kreativitas dan inovasi yang tentunya dengan mitigasi dan pengendalian risiko yang baik.

"Karena kalau kita lakukan dengan cara yang biasa hasilnya akan biasa dan kita tidak akan mungkin mengejar ketertinggalan kita," sebutnya.

"Karena itu kami di Kementerian BUMN minta izin kepada Pak Menteri, 'Pak izin eksperimen kecil-kecilan' ya termasuk nanti menaruh milenial jadi direktur di BUMN," lanjut Alex.

Menteri BUMN Erick Thohir sejak akhir 2019 sudah menyampaikan bahwa anak muda atau generasi milenial diharapkan bisa menjadi pemimpin di perusahaan milik negara.

"Saya berharap mereka (milenial) juga jadi pimpinan ke depan. Tapi dirut BUMN jangan yang usianya 65-70 tahun, kalau bisa 46 tahun," kata Erick di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).



Simak Video "Selain Rangkap Jabatan, ICW Juga Soroti Jumlah Komisaris di BUMN"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)